nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KAYA REMPAH: Si Kecil Kapulaga, Tanaman Rempah Termahal di Dunia

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 03 Juli 2017 09:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 27 298 1725233 kaya-rempah-si-kecil-kapulaga-tanaman-rempah-termahal-di-dunia-5FvsT6gTTl.jpg Kapulaga rempah termahal di dunia (Foto:Organicsfacts)

 

KAPULAGA merupakan sejenis rempah yang dihasilkan dari biji beberapa tanaman dari genera Elettaria dan Amomum dalam keluarga Zingiberaceae (keluarga jahe-jahean). Kedua genera ini adalah tanaman asli Bangladesh, Bhutan, India, Indonesia, Nepal, dan Pakistan.

Dilansir Okezone dari berbagai sumber, ciri khas biji kapulaga dapat dikenali dari biji polongnya yang kecil, irisan segitiga, dan berbentuk gelendong kumparan, dengan kulit luar yang tipis, dan biji hitam yang kecil.

 


Kapulaga biasanya digunakan untuk mengolah masakan tertentu seperti. Tumbuhan ini juga sering menjadi campuran jamu atau obat-obatan herbal tradisional.

Di Indonesia sendiri ada dua macam kapulaga yang banyak digunakan, yakni kapulaga jawa (Amomum compactum) dan kapulaga seberang atau kapulaga india (Elettaria cardamomum).

 


Kapulaga India pertama kali diperkenalkan ke Guatemala oleh pengusaha perkebunan kopi asal Jerman, Oscar Majus Kloeffer, sebelum Perang Dunia I. Kini Guatemala menjadi penghasil kapulaga terbesar di dunia, diikuti oleh India.

Beberapa negara Asia seperti Sri Lanka dan Indonesia juga ikut membudidayakannya. Yang lebih mengejutkan lagi, kini kapulaga adalah rempah termahal ketiga di dunia, setelah saffron dan vanilla.

 


(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini