Kekurangan Enzim Mempercepat Penuaan Hati dan Tubuh

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 28 Juni 2017 11:20 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 27 481 1724964 kekurangan-enzim-mempercepat-penuaan-hati-dan-tubuh-So56JGNKvI.jpg Ilustrasi (Foto: Thehealthsite)

ENZIM yang ada di dunia ini sebenarnya berjumlah 20.000 jenis. Namun, yang paling banyak diketahui manusia hanya sekira 5.000 jenis. Enzim tersebut bekerja sekali dalam kehidupan manusia.

Enzim biasanya terkandung di dalam sayuran mentah, buah-buahan, rumput laut, dan sebagainya. Makanan fermentasi, seperti asinan maupun acar juga termasuk ke dalamnya. Menu makanan tersebut pastinya sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh manusia.

Dijelaskan dr Hiromi Shinya dalam bukunya yang berjudul Revolusi Awet Muda, enzim merupakan cikal bakal daya kehidupan bagi ada dan tidaknya suatu materi. Contohnya adalah saat makanan yang Anda konsumsi masuk ke dalam organ pencernaan, kemudian diserap ke lambung dan usus melalui cairan darah, maka agar pencernaan dapat berlangsung dengan lancar, makanan itu harus terbagi dalam jumlah yang besar.

Adanya enzim yang cukup di dalam tubuh, berfungsi untuk membantu pembagian tersebut. Zat gula yang terkandung di dalam nasi merupakan enzim amilase atau glukosa. Asam amino atau protasea terdapat dalam protein, berupa daging, ikan, dan kacang kedelai. Serta ada juga asam amino atau lipase pada asam lemak.

Nah, dr Shinya menyatakan, bila enzim dalam tubuh tidak ada, maka segala nutrisi yang ada di makanan yang Anda konsumsi tidak bisa diserap tubuh. Manfaatnya pun menjadi percuma. Dampak yang bisa Anda rasakan adalah pencernaan yang kurang baik. Karena dampak itu juga, penuaan hati dan tubuh pun akan terjadi lebih cepat dari biasanya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini