nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kulit Terbakar, Jangan Lakukan Ini Usai Liburan dari Pantai

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 30 Juni 2017 12:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 27 481 1724969 kulit-terbakar-jangan-lakukan-ini-usai-liburan-dari-pantai-wRXkgHaZzW.jpg Ilustrasi (Foto: Netdoctor)

LIBURAN di pantai memang asyik. Deru ombak, suara laut yang syahdu, dan canda tawa keluarga yang ramai menjadi momen yang sulit terlupakan di libur Lebaran Anda.

Bahaya paparan sinar matahari langsung bisa jadi ancaman buat Anda. Kulit iritasi, merah-merah, sampai terbakar, menjadi risiko yang bisa saja Anda rasakan setelah bertamasya ke pantai. Bila sudah begitu, recovery dengan tepat menjadi hal yang wajib Anda lakukan.

Dilansir dari RD, ada 5 hal yang tidak boleh Anda lakukan bila kulit Anda sedang terbakar sinar matahari.

1. Jangan pakai pakaian ketat

Kulit yang terbakar membutuhkan udara untuk bernafas. Semakin ketat pakaian Anda, berarti Anda membiarkan luka iritasi tersebut semakin lama sembuhnya. Bahayanya adalah iritasi yang tak kunjung sembuh. Aliran darah juga menjadi tak lancar. Alhasil, risiko pembengkakan pun semakin tinggi.

2. Jangan pakai scented aloe

Lidah huaya memiliki sifat penenang yang baik untuk kulit yang terbakar sinar matahari. Namun, sangat tidak direkomendasikan pemakaian lidah buaya beraroma. Sebab, bahan tersebut bisa menambah parah iritasi kulit.

3. Jangan tutup luka bakar dengan make-up

Sekali lagi, luka akibat paparan sinar matahari membutuhkan ruang untuk benafas. Bila Anda menutupinya dengan make-up, itu sama saja Anda tidak memberikan ruang kepada kulit untuk bernafas. Dengan make-up, Anda sama saja meningkatkan risiko infeksi dan reaksi alergi di kulit. Kondisi luka pun menjadi semakin parah!

4. Jangan lakukan peeling atau scrubing pada luka

Saat luka sengatan matahari mulai meneglupas, itu tandanya mulai membaik. Jangan sekali-kali Anda mengacaukan proses tersebut dengan sengaja mengelopek luka tersebut dengan tangan Anda. Biarkan itu berjalan alami. Luka sobek yang bisa saja terjadi ketika Anda mengelupasi luka, akan menambah parah masalah itu.

5. Jangan pecahkan luka

Ketika luka berbentuk gelembung, jangan sekali-kali Anda memecahkannya secara sengaja. Sekali lagi, biarkan luka itu berproses secara alamiah agar risiko infeksi semakin kecil. Nah, sedikit tips, bila luka melepuh itu terasa sangat sakit, Anda bisa mengoleskan lidah buaya agar luka sedikit lebih sejuk.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini