nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Liburan ke Pantai Bikin Tubuh Cepat Lelah, Kenapa?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 30 Juni 2017 13:38 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 30 481 1726001 liburan-ke-pantai-bikin-tubuh-cepat-lelah-kenapa-nDAY9MaNKR.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

BERENCANA untuk berlibur Lebaran di pantai? Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Salah satunya adalah efek terpapar matahari langsung. Selain masalah iritasi kulit atau kulit terbakar, Anda juga tidak bisa memungkiri, panas-panasan bikin Anda cepat letih.

Karena paparan sinar matahari itu juga, biasanya Anda kembali ke hotel atau penginapan dengan tubuh yang butuh sekali istirahat. Anda butuh rileksasi agar lelahnya tubuh bisa terobati dengan pulasnya tidur. Dilansir dari Refinery 29, Dermatologi asal Seattle Heather Rogers menjelaskan, karena paparan matahari langsung, tubuh Anda harus bekerja ekstra menjaga suhu tubuh alami melalui keringat yang keluar.

Bukan hanya letih, dehidrasi juga menjadi reaksi yang akan Anda terima setelah bermain di pandai cukup lama. Sebuah studi pada 2012 yang dipublikasi dalam Journal of Nutrition menemukan, dehidrasi ringan bisa mengubah mood Anda, termasuk membuat Anda cepat lelah.

Biasanya Anda diharuskan mengonsumsi delapan gelas air putih sehari, lain cerita bila Anda berencana emnghabiskan hari di pantai. Anda disarankan untuk menambah jumlah air putih tersebut.

Namun, rasa lelah karena matahari ini perlu diperhatikan lebih. Keluarnya keringat menjadi tanda penting pada masalah ini. Maksudnya adalah jika Anda berkeringat banyak disertai dengan jantung berdebar kencang, dan seperti ingin pingsan, itu merupakan tanda Anda kelelahan karena paparan sinar matahari. Salah satu penanganan yang bisa dilakukan dengan segera adalah dengan pergi ke ruangan yang lebih sejuk, minum air yang banyak, dan bila gejalanya lebih parah, hubungi dokter.

Masalah kelelahan ini bahkan bisa menggangu sistem tidur Anda. Masalah baru pun nantinya akan muncul dan cukup bisa membuat Anda tidak bisa melanjutkan liburan lebaran yang istimewa tersebut. Setelah mendapatkan penangan yang tepat, istirahat yang cukup di ruangan yang sejuk dan tabnpa cahaya menjadi cara yang bisa Anda lakukan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini