nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Meski Jadi Kontroversial, Tradisi Melepas Balon Udara di Wonosobo Sudah Ada sejak Zaman Belanda

Tentry Yudvi, Jurnalis · Sabtu 01 Juli 2017 13:58 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 01 406 1726462 meski-jadi-kontroversial-tradisi-melepas-balon-udara-di-wonosobo-sudah-ada-sejak-zaman-belanda-krmoaIEwZN.jpg Pelepasan Balon Udara di Wonosobo (Foto: Instagram)

MINGGU seusai hari lebaran Pekalongan dan Wonosobo di Jawa Tengah memiliki tradisi pelepasan balon udara sebagai tanda suka cita menyambut hari kemenangan umat muslim. Budaya ini pun sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda loh!.

Ya, balon udara dibentuk besar biasanya akan dilepaskan saat seminggu setelah lebaran di Pekalongan. Masyarakat sekitar sudah menjalankan tradisi dari turun menurun.

Dalam pembuatannya pun, pemuda-pemudi membuat bahan dengan biaya sendiri. Mereka akan bersaing antar kampung untuk membuat balon udara sebagus mungkin.

Selain itu, sebelum pelepasan balon udara mereka juga menyalakan petasan.

Tradisi ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda, di mana tradisi dijalankan oleh keturunan Indo-Eropa di hari ke delapan setelah lebaran. Hingga kini budaya pun masih dipertahankan dengan baik.

Hanya saja, tradisi balon udara ini membahayakan dunia penerbangan. Di mana balom yang dilepaskan tanpa pengemudi bisa merusak mesin pesawat sehingga akan menyebabkan kecelakaan fatal di udara.


(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini