nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perhatikan Ini jika Anda Mudah Terserang Alergi

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 03 Juli 2017 11:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 03 481 1727150 perhatikan-ini-jika-anda-mudah-terserang-alergi-CftAXMuZ6O.jpg Ilustrasi (Foto: Globeviews)

FAKTOR kemunculan alergi di tubuh beragam. Namun, yang perlu diperhatikan, semakin lemah sistem imun tubuh, maka alergi pun mudah muncul. Mau itu alergi makanan, udara, debu, atau penyebab lainnya.

Menjaga kebersihan sekitar Anda juga perlu diperhatikan dengan serius. Barang-barang yang Anda kenakan setiap hari bisa saja menyimpan sumber alergi yang bisa menyerang Anda kapan pun. Salah satunya adalah kebersihan tempat tinggal Anda.

Menurut Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dr Litya Ayu Kanya Anindya, kulit manusia itu ada yang sangat sensitif. Ketika perabotan di rumahnya ada yang kotor sedikit, sebagian kulit orang yang tingkat sensitivitasnya tinggi, akan bereaksi.

Nah, itu juga yang menyebabkan, ada beberapa kasus mengenai alergi tanpa sebab. Padahal, semua hal pasti ada sebabnya. Kalau sudah seperti itu, Litya menjabarkan, dirinya pasti akan menanyakan bagaimana kondisi tempat tidur pasien atau karpet yang ada di rumah. Bahkan juga hewan peliharaannya.

"Karena, banyak yang tidak sadar hal tersebut bisa juga sebabkan alergi," tutur Litya pada Okezone, beberapa waktu yang lalu.

Makanya, dengan dilakukannya pembersihan rutin terkait soft furniture, itu akan sangat meminimalisir terjadinya alergi pada tubuh manusia. Sebab, ada hal tak kasat mata yang bisa sebabkan masalah lebih besar.

Pembersihan yang perlu dilakukan secara rutin adalah misalnya tempat tidur, sofa, karpet bulu, boneka si anak, lemari pakaian, atau tempat penyimpanan sepatu. Barang-barang itu biasanya menyimpan bakteri atau debu yang bisa memicu munculnya alergi di tubuh.

"Secara kasat mata mungkin memang sudah bersih, namun bila dilakukan pembesaran ukuran, pasti Anda kaget kalau di barang-barang itu banyak tungau atau bakteri," sambung dr Litya.

Makanya, sangat disarankan untuk mencuci dan mengganti barang-barang tersebut seminggu sekali. Terkesan ribet, namun, hal tersebut pastinya bisa meminimalisir penyebab alergi yang mungkin sampai sekarang Anda masih belum tahu penyebabnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini