Tahi Lalat di Sekujur Tubuh seperti Evita Delmundo, Bahaya atau Tidak?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 03 Juli 2017 09:32 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 03 481 1727167 tahi-lalat-di-sekujur-tubuh-seperti-evita-delmundo-bahaya-atau-tidak-0lZMK1oMOu.jpg Elvita Delmundo (Foto: Dailymail)

TANDA di tubuh memiliki makna tersendiri. Tahi lalat biasanya menjadi tanda yang paling banyak dimiliki hampir di semua manusia.

Tanda pada tahi lalat juga diyakini mengandung arti tersendiri. Misalnya tahi lalat di bibir yang banyak diyakini sebagai bentuk gambaran sosok diri yang pandai berbicara.

Lalu, apa kabarnya jika tahi lalat itu terlihat tidak normal? Seperti besar atau tersebar di sekujur tubuh dengan jumlah yang sangat banyak. Seperti yang terlihat pada calon Miss Malaysia, Evita Delmundo. Perempuan itu memilihi tahi lalat yang jumlahnya terbilang tidak normal.

Kondisi tersebut dalam istilah kedokteran biasa disebut dengan Giant Congenital Nevus. Penyakit tersebut merupakan masalah kelainan pada kulit yang langka. Diketahui, hanya ada 1% pengidap kelainan tersebut dari populasi yang ada.

Pada dasarnya, tahi lalat yang ada di tubuh tidak berbahaya. Namun, kondisi bisa berubah jika tahi lalat itu semakin melebar atau bertambah banyak. Bila itu terjadi pada anak Anda, seperti dikutip dari Medline Plus, bisa saja pada usia dewasa, tahi lalat itu berisiko kanker kulit.

Penyebab timbulnya tanda lahir semacam itu diyakini karena masalah pertumbuhan bayi dalam kandungan. Faktor genetik keluarga juga bisa menjadi pemicu terbentuknya Giant Congenital Nevus tersebut.

Bila dibiarkan, selain sebagai tanda kanker kulit, masalah otak pun bisa terjadi. Sebab, gangguan saraf paling sering diderita orang yang memiliki tanda lahir abnormal tersebut.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini