nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KAYA REMPAH: Konsumsi Kayu Manis Selama 16 Minggu Ampuh Turunkan Berat Badan

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 03 Juli 2017 14:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 03 481 1727405 kaya-rempah-konsumsi-kayu-manis-selama-16-minggu-ampuh-turunkan-berat-badan-SOB9cem5pm.jpg Ilustrasi (Foto: Zeenews)

KAYU manis adalah salah satu rempah yang bisa membuat makanan lebih nikmat. Tapi ternyata, peran kayu manis bukan hanya sebagai bumbu masakan. Kayu manis juga berpengaruh pada kesehatan tubuh.

Dilansir dari Times of India, Senin (3/7/2017), mengonsumsi 3 gm bubuk kayu manis setiap hari dapat membantu mengurangi obesitas dan mengatasi gangguan metabolisme. Dalam uji klinis yang dilakukan oleh peneliti di India, intervensi diet sederhana dengan kayu manis memiliki efek yang jauh lebih besar pada beberapa orang yang berpotensi mengalami diabetes pada usia dini.

Penelitian melibatkan 116 pria dan wanita yang memiliki beberapa masalah kesehatan seperti obesitas perut, gangguan toleransi glukosa, trigliserida tinggi, dan hipertensi. Para peserta penelitian diminta mengonsumsi 3 gm bubuk kayu manis selama 16 minggu. Tak hanya itu, mereka juga diminta untuk menerapkan pola hidup sehat.

Periset menemukan bahwa mengonsumsi kayu manis bersama dengan perubahan pola makan dan latihan fisik dapat menurunkan kadar glukosa, hemoglobin glikosisasi, lingkar pinggang, dan indeks massa tubuh.

“Hasil penelitian menunjukkan bahwa makanan fungsional sederhana seperti kayu manis ternyata memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Kayu manis adalah bumbu yang umum digunakan pada masakan dan karenanya dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam makanan sehari-hari. Hal itu akan menyeimbangkan metabolisme tubuh dengan lebih baik," kata Dr. Seema Puri, asisten profesor Institute of Home Economics, University of Delhi.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini