Share

Trik Bersihkan Peralatan Make-Up agar Tetap Bersih Terbebas Bakteri

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Selasa 04 Juli 2017 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 04 194 1728033 trik-bersihkan-peralatan-make-up-agar-tetap-bersih-terbebas-bakteri-KbCE38E934.jpg Make Up (Foto: Femalefirst)

SETIAP wanita tentu tak dapat terpisahkan dari yang namanya tas make-up. Ya, pouch atau tas kecil berisi item wajib kosmetik ini memang wajib dibawa ke mana pun Anda bepergian.

Namun, disadari atau tidak, peralatan make-up yang berada dalam tas kecil tersebut bisa menjadi tempat yang nyaman bagi bakteri untuk tumbuh. Ya, bukan tak mungkin jika kotoran, minyak, sel-sel kulit mati dan berkumpul dalam peralatan make-up hingga tas kosmetik Anda.

Karena itu, penting untuk menjaga peralatan kosmetik dalam tas make-up agar tetap bersih sehingga terbebas dari masalah kulit. Pakar kecantikan Kelly Llyod-Sanderson pun memberikan triknya untuk Anda, seperti dilansir Femalefirst, Selasa (4/7/2017).

Kuas make-up

Ya, salah satu alat make-up yang rutin perlu dibersihkan adalah kuas make-up. Kuas dalam keadaan bersih bisa mencegah dari penumpukan sel-sel kulot mati dan bakteri penyebab masalah kulit, seperti jerawat dan penyumbatan pori-pori. Sebaiknya, bersihkan kuas make-up menggunakan cairan khusus pembersih kuas. Atau bisa pula menggunakan sampo dengan kandungan yang lembut.

Maskara

Mata merupakan bagian wajah yang cukup sensitif dan rentan terhadap infeksi. Karena itu, perlu kehati-hatian dalam menjaga kebersihan make-up area mata. Banyak wanita yang secara tidak sadar kerap menaikturunkan aplikator kuas maskara saat mengaplikasikannya. Padahal, hal tersebut bisa mengundang bakteri untuk berkembang biak. Karena itu, Anda disarankan untuk mengganti maskara setiap dua bulan.

Lip balm

Lip balm sebaiknya diganti setelah satu tahun lamanya. Ini berlaku untuk lip balm berbentuk stik atau oles. Namun, ada trik khusus yang bisa membuat lip balm tahan lama. Caranya, usapkan tisu pada lapisan teratas lip balm, lalu aplikasikan sedikit alkohol, diamkan selama 30 detik. Trik ini berguna untuk membunuh bakteri yanh terdapat pada lip balm.

Foundation

Cara Anda mengaplikasikan foundation ke wajah dapat menunjukkan seberapa bersih Anda menjaga kebersihan foundation. Mengaplikasikan foundation menggunakan jari tangan bisa memindahkan bakteri yang terdapat pada tangan ke botol foundation. Nah, sebaiknya Anda mengaplikasikan foundation menggunakan kuas bersih.

Tas make-up

Selain peralatan kosmetik, pastikan tas kecil khusus berisikan make-up juga dibersihkan secara rutin. Setiap dua pekan sekali, keluarkan semua alat make-up, kemudian bersihkan tas make-up dengan cara membalikkan kain bagian dalamnya ke luar. Anda bisa membersihkannya dengan kain basah atau menyemprotkan spray anti bakteri ke setiap sudut dalam tas termasuk ritsleting.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini