Share

Dilema soal Uang dan Waktu, Ini Solusi untuk Single Parent

Vessy Frizona, Okezone · Rabu 05 Juli 2017 09:17 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 04 196 1728635 dilema-soal-uang-dan-waktu-ini-solusi-untuk-single-parent-wprTl1z7C1.jpg Ilustrasi (Foto: Healthline)

SELAIN bahagia, menjadi orangtua juga dihadapkan dengan masalah. Beberapa masalah umum dialami pasangan orangtua, Tapi, menjadi orangtua tunggal maka masalah yang dialami lebih pelik.

Orangtua tunggal memakai banyak jasa tambahan untuk membantu mereka. Seperti supir, asisten rumah tangga, atau pengasuh anak guna mengimbangi tanggung jawab pengasuhan. Seperti dilansir Parents, inilah sederet masalah orangtua tunggal beserta solusinya.

Uang

Dilema: Karena menjadi satu-satunya pencari nafkah dan harus menekan budget.

Solusi: "Ini bisa menjadi kesempatan besar untuk mengajari anak-anak menghargai kesenangan sederhana dalam hidup daripada bermewah-mewah materi," kata Carole Lieberman, M.D., seorang psikiater dan penulis di Beverly Hills, California. "Mengakui kepada anak-anak bahwa Anda perlu mengencangkan ikat pinggang karena hanya ada sedikit uang.

Waktu

Dilema: Orangtua tunggal bekerja fulltime dan menghabiskan waktu untuk mengurus keperluan anak, sehingga tidak ada quality time bersama anak.

Solusi: "Fokus pada kualitas melebihi kuantitas, kata Kate Roberts, Ph.D., psikolog terapis keluarga di Boston." Pilih dua sampai tiga titik waktu di siang hari untuk terkoneksi dengan anak-anak, seperti saat sarapan pagi, makan malam, dan di sela-sela waktu.

Merasa bersalah

Dilema: Oarangtua tunggal merasa bersalah karena saya tidak bisa bekerja sama dengan ayah anak dan mencoba menebus kesalahan.

Solusi: Rasa bersalah adalah emosi yang berguna hanya jika Anda mengetahui akar masalah dan kemudian melakukan sesuatu untuk mengatasinya. Pertimbangkan untuk berbicara dengan seorang teman atau menemui terapis untuk membantu Anda mengatasi perasaan ini.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini