nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspada! Cacar Api Bisa Meningkatkan Risiko Serangan Jantung dan Stroke

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 04 Juli 2017 16:53 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 04 481 1728520 waspada-cacar-api-bisa-meningkatkan-risiko-serangan-jantung-dan-stroke-yH5FE89pBi.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

PENYAKIT kulit bisa membahayakan tubuh. Salah satu penyakit yang berbahaya adalah herpes zoster atau dikenal juga dengan istilah cacar api. Penyakit ini disebabkan oleh virus varicella-zoster, virus yang juga menyebabkan penyakit cacar.

Jika Anda terkena herpes zoster, akan timbul ruam menyakitkan di garis-garis batang tubuh yang mengikuti garis-garis syaraf. Bahkan yang lebih parah, herpes zoster bisa meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, atau masalah jantung lainnya sebanyak 40% seperti yang dilansir dari Daily Mail, Selasa (4/7/2017).

Bagi Anda yang pernah mengalami sakit cacar harus lebih berhati-hati. Sebab setelah Anda sembuh, virus akan menetap pada tubuh walaupun dalam kondisi dorman atau tidak aktif.

Periset di Asan Medical Center di Seoul, Korea Selatan memperingatkan bahwa virus varicella-zoster bisa berpindah melalui kulit dan langsung menyerang pembuluh darah serta syaraf tertentu. Jika virus ini menyerang pembuluh darah, akan menyebabkan penggumpalan darah. Selain itu, virus juga mengatur stadium serangan jantung atau stroke.

Bila menyerang syaraf, virus ini akan menyebabkan peradangan sehingga menimbulkan rasa sakit yang parah dan disertai dengan ruam. Dr. Lee Schwamm, wakil ketua neurologi di Massachusetts General Hospital, Boston, mengemukakan bahwa peradangan syaraf juga berperan pada peningkatan risiko serangan jantung dan stroke, namun diperlukan penelitian lebih lanjut.

Sementara itu, peneliti di Korea mengatakan, orang yang berusia 40 tahun ke bawah dan menderita herpes zoster kemungkinan 3,74 kali bisa mengalami stroke dibanding mereka yang tidak terkena penyakit ini. Salah satu peneliti, Dr. Sung-Han Kim mengutarakan, untuk mencegah penyakit ini bisa dilakukan vaksinasi.

Di Amerika Serikat, tingkat penyakit herpes zoster mengalami penurunan pada mereka yang berusia di bawah 40 tahun dan melakukan vaksinasi. Selain itu, mereka yang pernah menderita penyakit ini juga perlu melakukan vaksinasi agar penyakit tidak timbul lagi di kemudian hari.

Mengenai risiko serangan jantung dan stroke pada penyakit herpes zoster, Schwamm menekankan bahwa pola hidup sehat seperti berolahraga secara teratur, tidak merokok, serta menjaga kolesterol, gula darah, dan berat badan adalah cara terbaik untuk menurukan risikonya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini