nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Main Handphone Malam Hari Bikin Tidur Anda Tidak Pulas

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 05 Juli 2017 10:42 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 07 05 481 1728943 main-handphone-malam-hari-bikin-tidur-anda-tidak-pulas-2lWaTfDH99.jpg Ilustrasi (Foto: Spectator)

KUALITAS tidur yang baik adalah cerminan kesehatan tubuh yang baik pula. Kurangnya jam tidur ataupun kondisi ganguan lainnya, bisa saja malah membuat Anda sakit setelah bangun dari tidur yang tidak begitu pulas. Alasan psikis mungkin sedang Anda rasakan.

Ya, tidur yang berkualitas menghasilkan tubuh yang sehat. Pikiran menjadi lebih jernih, bada terasa bugar, pun juga perasaan senang. Tapi, bagaimana dengan mereka yang tidurnya tidak pernah pulas? Tentunya masalah kesehatan pun terganggu. Lalu, apa saja yang bisa membuat Anda tidak mendapatkan tidur yang berkualitas?

Dijelaskan Peneliti Tidur dan Psikolog Klinis di Queen's University Judith Davidson, insomnia menjadi salah satu faktor penyebab tidur tidak pernah pulas. Beberapa masalah seperti stres kehilangan, masalah dalam hubungan percintaan, stres di tempat kerja, atau sakit menjadi pemicu seseorang akhirnya tidak bisa tidur pulas.

"Tidur tidak pernah pulas juga bisa disebabkan adanya perasaan khawatir berlebih terhadap sesuatu," sambungnya seperti dikutip dari Best Health Mag. Judith pun melanjutkan, generasi milenial yang begitu dekat dengan teknologi pun menjadi salah satu faktor pemicu insomnia yang cukup besar.

"Terkait dengan ketergantungan teknologi, paparan cahaya televisi atau handphone sesaat sebelum tidur pun menjadi penggangu tidur yang cukup signifikan," terangnya. Hal itu juga yang membuat tubuh seseorang kehilangan hormon melatonin yang mana hormon tersebut mampu membuat seseorang tidur lebih pulas.

Tak hanya itu, bagi kaum hawa, masalah haid juga bisa menjadi faktor penentu tidak mendapatkannya tidur yang berkualitas. Emosi yang tidak stabil saat haid menjadikan tubuh seseorang akan sulit untuk menyesuaikan diri dengan hal yang ada di sekitarnya. Itu juga yang membuat perempuan paling sering mengalami insomnia dibanding laki-laki.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini