nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Siklus Menstruasi Pengaruhi Kinerja Perempuan?

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 05 Juli 2017 15:14 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 05 481 1729167 siklus-menstruasi-pengaruhi-kinerja-perempuan-nRXu83T4Vl.jpg Ilustrasi (Foto: Verywell)

SAAT mengalami menstruasi, perempuan cenderung merasa kurang maksimal melakukan aktivitasnya. Menstruasi cenderung menurunkan mood perempuan untuk melakukan aktivitas. Namun ternyata, hal itu hanya ada pada pikiran saja.

Menurut Brigitte Leeners, MD profesor endokrinologi reproduksi di University Hospital Zurich, itu hanyalah masalah kepercayaan umum. “Saya mendapat kesan bahwa hanya sedikit yang memiliki keterbatasan seperti itu. Siklus menstruasi tidak memengaruhi kinerja kognitif mereka. Hal itu berhubungan dengan hormon yang terbentuk saat menstruasi,” ujar ginekolog dan psikoterapis itu seperti yang dikuti dari Health, Rabu (5/7/2017).

Menurut studi terbaru yang dilakukan oleh Dr. Leeners ada hubungan antara hormon dengan kerja kognitif. Dia bersama rekan-rekannya menguji 68 perempuan yang mengalami menstruasi dua kali berturut-turut.

Walaupun peneliti tidak menemukan hubungan yang konsisten antara hormon dengan memori kerja, kemampuan untuk fokus, ataupun fungsi kognitif, penelitian ini merupakan langkah maju untuk menjawab perdebatan bagaimana menstruasi memengaruhi kinerja otak.

Gejala menstruasi seperti kram dan kelelahan memang dapat memengaruhi keadaan mental dan mengalihkan perhatian saat perempuan dalam proses berpikir normal. Namun hal itu bukan berarti menstruasi membatasi kinerja perempuan.

“Kita harus berhenti menyalahkan siklus menstruasi karena kurangnya kinerja kognitif,”ujar Dr Leeners.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini