nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Madu Terbukti Ampuh Sembuhkan Batuk Anak

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 06 Juli 2017 07:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 07 05 481 1729361 madu-terbukti-ampuh-sembuhkan-batuk-anak-manDrIdYnk.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

BATUK menjadi masalah yang mudah diderita anak-anak. Apalagi dengan sistem imun yang sedang tidak baik, cuaca yang tidak menentu seperti sekarang akan sangat berisiko bagi anak-anak terserang penyakit ini.

Beberapa ahli medis menyatakan, anak di bawah enam tahun rasanya belum bisa diberikan obat batuk. Maka dari itu, pengobatan secara alami sangat disarankan. Madu menjadi jawaban atas masalah tersebut. Kandungan yang sangat alami dan bersahabat dengan tubuh bayi, membuat madu sangat cocok dipakai untuk meredakan batuk si kecil.

Dijelaskan di WebMD, ada baiknya ketika si kecil batuk, 30 menit sebelum dia beranjak tidur, diberikan 2 sendok makan madu. Madu yang bisa dipilih adalah madu jenis eucalyptus honey, citrus honey, atau labiatae honey. Dengan pemberian madu sebelum si anak terlelap, itu akan membantunya bernafas lebih lancar yang kadang karena batuk, membuat dirinya sulit bernafas. Selain meringankan batuk, pemberian madu juga bisa membuat si anak tertidur lebih nyenyak.

Penelitian lainnya seperti dikutip dari Authority Nutrition menyatakan, madu merupakan obat batuk yang cukup baik dibandingkan obat batuk yang banyak diperjual belikan di layanan kesehatan. Karena bersifat alami, madu tidak memiliki efek samping berarti. Berbeda dengan obat yang mungkin saja akan bereaksi pada tubuh si kecil.

Namun, ada yang perlu diperhatikan. Pemberian madu ini juga tidak disarankan untuk anak di bawah usia 1 tahun. Salah satu alasannya adalah dikhawatirkan madu bisa berisiko botulisme atau keracunan serius akibat adanya bakteri clostridium botulinum yang ada di madu.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini