nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terlilit Tali Pusat, Akhirnya Bayi Lahir Selamat Berkat Ibu Hitung Tendangan si Kecil dalam Kandungan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 06 Juli 2017 16:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 06 481 1730069 terlilit-tali-pusat-akhirnya-bayi-lahir-selamat-berkat-ibu-hitung-tendangan-si-kecil-dalam-kandungan-TiYEeSZQx0.jpg Ilustrasi (Foto: Today)

MENJADI seorang ibu hamil, berarti Anda harus ekstra menjaga diri. Mulai dari menjaga pola makan, menjaga aktivitas dari risiko yang mengancam kandungan, sampai dengan memberikan perhatian lebih pada si bayi dari luar tubuh.

Bentuk perhatian itu ternyata sangat baik untuk menjaga keselamatan nyawa janin. Bagaimana bisa? Dr Neil Mandsager dari Mercy Medical Center, Des Moines, menjelaskan, dengan mengetahui berapa kali bayi menendang misalnya. Dari situ si ibu sudah bisa menyelamatkan bayinya. Pergerakan bayi bila terkontrol dengan baik akan menjadi sebagai tanda untuk sang ibu. Apakah bayinya aktif atau tidak.

Bila perhatian semacam itu saja tidak dilakukan, dikatakan Dr Neil, kemungkinan besar janin bisa lahir mati dalam kurun satu atau dua hari setelah melahirkan. Sebab, si ibu tidak mengetahui dengan betul apakah bayinya aktif di dalam janin atau tidak.

Dilansir dari Today, saran tersebut pun diberikan kepada salah seorang pasiennya. Saat itu sang pasien, Emily, sedang mengandung bayinya 28 pekan. Dr Neil menyarankan kepada Emily untuk jangan pernah cuek terhadap tendangan si kecil. Saran tersebut pun diikuti Emily. Dia setiap hari setidaknya menghitung 10 tendangan si bayi.

Namun, suatu ketika, Emily tidak lagi merasakan tendangan dari si kecil. Dia segera menelepon Dr Neil. Dari hasil monitor, janin Emily menunjukan detak jantung yang normal tetapi tubuh si bayi tidak bergerak sama sekali. Diketahui, bayi Emiliy, Ruby namanya, ternyata terlilit tali pusar. Operasi persalinan pun dilakukan padahal usia kehamilannya baru 33 minggu 5 hari.

’’Untunglah kebiasaan menghitung tendangan yang disarankan Dr Neil saya ikuti. Ternyata itu berdampak besar pada Ruby,’’ tutur Emily seperti dilaporkan Today.

Dr Neil menjelaskan, walau terkesan sederhana, dengan membiasakan menghitung tendangan si kecil, berarti si ibu sudah mawas diri terhadap segala bentuk masalah yang bisa terjadi. Salah satunya adalah masalah yang dialami Emily.

Masalah lain yang bisa terdeteksi adalah kematian bayi di dalam kandungan. Semacam tindakan pencegahan yang mudah dilakukan tetapi berdampak besar bayi si ibu maupun si kecil.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini