nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fidget Spinner Bantu Anak-Anak dengan Autisme untuk Fokus

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 06 Juli 2017 20:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 06 481 1730366 fidget-spinner-bantu-anak-anak-dengan-autisme-untuk-fokus-yYVgIPmmDu.jpg Ilustrasi (Foto: Livescience)

FIDGET spinner menjadi mainan yang tengah populer di kalangan anak-anak hingga dewasa. Walaupun sempat muncul beberapa kasus yang cukup berbahaya disebabkan oleh mainan berputar itu, terdapat sejumlah manfaat yang bisa dirasakan oleh orang tertentu.

Mainan pemintal gelisah itu bermanfaat untuk anak-anak autisme. Salah satu cara yang sering dilakukan oleh terapis okupasi untuk untuk anak-anak autisme adalah memberikan mereka mainan yang melibatkan indra seperti cakram taktil dan bola Koosh. Hal itu bertujuan untuk memberikan anak-anak autisme ketenangan karena memiliki masalah dengan pemrosesan sensorik.

Sebuah penelitian menunjukkan, permainan yang bergerak membuat anak-anak austisme untuk fokus, termasuk fidget spinner. Namun menurut Mark Rapport, seorang psikolog klinis di University of Central Florida mengatakan, tanpa penelitian khusus pada fidget spinner, tidak bisa dipastikan apakah mainan itu bisa membantu anak-anak austime dengan efek besar.

“Mainan dalam genggaman kecil mungkin tidak akan banyak membantu. Sebab mereka tidak memerlukan gerakan tubuh yang kasar untuk meningkatkan aktivitas di area otak dan mempertahankan perhatian,” ujar Rapport seperti yang dikutip dari Live Science, Kamis (6/7/2017).

Sebaliknya, mengendarai sepeda stasioner saat membaca atau duduk di bola saat bekerja mungkin akan lebih bermanfaat bagi banyak anak-anak autisme. Tapi, tidak ada keraguan bahwa mainan pemintal gelisah itu bisa menguntungkan anak-anak dengan autisme.

Fidget spinner sebenarnya aman untuk dimainkan oleh siapa saja. Namun diperlukan perhatian yang lebih besar pada anak-anak saat memainkannya agar memperkecil risiko yang mungkin terjadi. Kasus yang sempat terjadi beberapa waktu lalu adalah anak tersedak komponen dan jarinya terjepit dalam bolongan mainan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini