FOOD STORY: Kadedemes, Sayur Kulit Singkong yang Wajib Ada di Resepsi Pernikahan Adat Sunda

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Senin 10 Juli 2017 08:35 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 07 298 1731488 food-story-kadedemes-sayur-kulit-singkong-yang-wajib-ada-di-resepsi-pernikahan-adat-sunda-l04Tl7eLGh.jpg Kadedemes, sayur kulit singkong (Foto:Lakako)

SEBAGAI masyarakat yang hidup berdampingan dengan kentalnya adat dan tradisi, sudah sepatutnya menyelenggarakan acara sambil melestarikan budaya. Bagi masyarakat suku Sunda yang hendak menggelar pesta pernikahan, ada menu makanan yang tak boleh absen.

Orang tua dari suku sunda zaman dahulu, selalu menyajikan makanan bercita rasa pedas sebagai suguhan. Jadi tak heran jika masyarakat Sunda akrab dengan pelengkap berupa sambal dan lalapan. Tapi khusus pada gelaran pesta pernikahan, ada hidangan khas sunda yang turun temurun disajikan.

Nasi timbel

Sepaket nasi timbel sudah jadi suguhan umum di tanah pasundan. Seporsi nasi timbel ini berisi nasi putih yang dibungkus dengan daun pisang dan biasa disajikan dengan lauk ikan goreng atau ayam kalasan, tempe tahu goreng beserta sambal dan tak ketinggalan lalap.

A post shared by JenzCorner (@jenzcorner) on Mar 17, 2017 at 11:11pm PDT


Kadedemes

Nama makanan ini mungkin masih asing terdengar tapi bagi masyarakat sunda ini adalah sayur jadul yang unik. Kadedemes dikenal juga dengan sebutan oseng kulit sampeu. Ini adalah olahan kulit singkong yang direbus untuk menghilangkan getahnya. Kemudian kulit singkong ini ditumis bersama bumbu-bumbu serta taburan cabai rawit hijau.

 

Gurandil

Gurandil termasuk makanan penutup tradisional yang manis. Makanan ini terbuat dari tepung beras, ketan hitam dan aci. Gurandil biasa disajikan dengan taburan kelapa parut, gula putih atau gula aren.


(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini