nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bunga Langka Mekar di Air Terjun Palak Siring, Bisa Dinikmati 4 Hari Lagi

Agregasi Antara, Jurnalis · Jum'at 07 Juli 2017 19:43 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 07 406 1731371 bunga-langka-mekar-di-air-terjun-palak-siring-bisa-dinikmati-4-hari-lagi-8PpHyBBhDg.jpg Ilustrasi (Foto: Antara)

BENGKULU – Sekuntum bunga langka Rafflesia Gadutensis mekar di kawasan Hutan Lindung Boven Lais di Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu.

"Satu bunga kami temukan sedang mekar sempurna di dalam Hutan Lindung Boven Lais," kata Anggota Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Bengkulu Utara, Dani Umbara saat dihubungi di Bengkulu, Jumat (7/7/2017).

Ia mengatakan bunga langka tersebut berada dalam area wisata air terjun Palak Siring Kemumu yang merupakan destinasi wisata andalan daerah itu.

Habitat bunga langka tersebut, menurut dia, dibuka untuk umum dengan panduan yang sudah ditetapkan oleh pengurus komunitas itu.

"Ada beberapa hal yang tidak bisa dilakukan pengunjung seperti memegang langsung bunga dan mengikuti rute yang sudah ditentukan," ucapnya.

A post shared by Daniumbara (@simonster_) on Jul 7, 2017 at 3:13am PDT

Panduan tersebut dibuat untuk menjaga kelestarian habitat bunga langka itu sehingga kehadiran pengunjung tidak membuat ekosistem hutan terganggu.

Dani menambahkan di kawasan Hutan Boven Lais terdapat lima titik habitat bunga langka yang sudah dipetakan anggota komunitas itu. "Bunga yang mekar saat ini berada di spot dua dan bisa dinikmati keunikannya hingga empat hari ke depan," katanya.

A post shared by Daniumbara (@simonster_) on Jun 29, 2017 at 9:26pm PDT

Rafflesia Gadutensis merupakan satu dari empat jenis bunga rafflesia yang teridentifikasi di wilayah Bengkulu selain Rafflesia Arnoldii, Rafflesia Bengkuluensis dan Rafflesia Hasselti. (ful)

(dnb)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini