nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Usir Stres di Akhir Pekan, Log Out Semua Media Sosial Anda!

Tiara Putri, Jurnalis · Minggu 09 Juli 2017 06:41 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 07 08 481 1731640 usir-stres-di-akhir-pekan-log-out-semua-media-sosial-anda-AntVeVny6d.jpg Ilustrasi (Foto: Zeenews)

DALAM menjalani rutinitas, seseorang termasuk Anda tentunya membutuhkan waktu untuk bersantai. Waktu santai memang diperlukan oleh otak agar Anda tidak mudah merasa stres. Waktu yang dibutuhkan untuk bersantai untuk tiap-tiap orang tentunya berbeda.

Namun, saat bersantai, pastikan waktu yang Anda gunakan benar-benar berkualitas. Sehingga setelah waktu santai Anda usai, Anda bisa memulai rutinitas kembali dengan fresh. Dilansir dari Health, Minggu (9/7/2017), inilah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat Anda benar-benar merasa santai.

1. Rilekskan tubuh

Waktu santai bisa Anda gunakan untuk merelaksasi otot progresif. Cara yang bisa Anda lakukan adalah menekuk jari kaki selama tima detik lalu istirahatkan selama 30 detik dan kemudian ulangi beberapa kali. Cara ini juga bisa Anda gunakan untuk otot di leher dan kepala Anda.

2. Tenang selama perjalanan

Apabila Anda pulang menggunakan transportasi umum, ada baiknya Anda mendengarkan musik dari aplikasi meditasi dibanding memainkan ponsel. Hal ini bisa menjauhkan Anda dari pikiran yang membuat Anda terbeban sehingga otak bisa benar-benar santai.

3. Log out semua media sosial

Ponsel Anda pastinya dipenuhi oleh berbagai macam aplikasi media sosial. Agar waktu santai Anda berkualitas, keluarlah dari aplikasi media sosial itu. Dengan begitu, Anda tidak akan tergoda untuk memainkan ponsel sehingga otak tidak perlu berpikir mengenai informasi yang Anda terima di media sosial.

4. Tulis to-do-list Anda di satu tempat

Jangan menulis semua tugas-tugas dan jadwal Anda di banyak tempat seperti kalender, agenda, dan ponsel. Sebaiknya Anda memilih salah satu tempat. Sebab apabila Anda mencatat di banyak tempat, kemungkinan Anda akan teringat lagi dengan tugas-tugas Anda ketika melihat tulisan to-do-list. Dengan begitu waktu santai Anda akan terganggu.

5. Buat daftar kesukaan

Bukan hanya mencatat tugas-tugas , Anda juga disarankan untuk membuat daftar kesukaan Anda di waktu luang. Dengan begitu otak akan berpikir lebih santai karena mengingat daftar kesukaan Anda.

6. Berjalan meditasi

Saat Anda berjalan, perhatikanlah sekeliling Anda. Rasakanlah angina yang berhembus saat sedang berjalan. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih tenang dan melupakan pikiran-pikiran yang mengganggu untuk sejenak.

7. Jangan berpergian

Saat ada waktu senggang, ada baiknya Anda memilih untuk tidak berpergian dengan teman-teman Anda sesering mungkin. Sebab hal itu bisa membuat Anda kurang menggunakan waktu santai untuk diri Anda sendiri.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini