Share

Rutin Makan Daging Sapi dan Ayam Bisa Bikin Produksi Sperma Melimpah

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 10 Juli 2017 02:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 08 481 1731674 rutin-makan-daging-sapi-dan-ayam-bisa-bikin-produksi-sperma-melimpah-xUupqHY1Dn.jpg Ilustrasi (Foto: Edim)

SEBUAH studi baru-baru ini mengungkapkan bahwa kesuburan pria tidak berlangsung selamanya. Pria mengalami penurunan kesuburan dimulai dari usia 40 tahun. Untuk memberi solusi mengenai masalah kesuburan ini, penelitian baru pun dilakukan.

Dalam penelitian yang diterbitkan pada Nutrition Journal, para ahli mengatakan bahwa kopi bisa berdampak negatif pada kesuburan pria. Mereka menemukan pria yang minum lebih dari 4 cangkir kopi per hari memiliki proporsi sperma abnormal yang lebih tinggi.

Sementara itu, Dr Marilyn Glenville,seorang ahli gizi dan penulis Getting Pregnant Faster, mengatakan, untuk membantu menambah kesuburan pria, mereka bisa menambahkan nutrisi tertentu ke dalam makanan. β€œPria memerlukan makanan sehat dan bergizi yang kaya akan whole grain, buah dan sayuran, kacang polong, kacang-kacangan, biji dan ikan berminyak, serta makanan yang kaya vitamin A, B, C dan E, seng, selenium, lemak esensial, dan asam,” jelas Dr Glenville, seperti yang dikutip dari Express, Senin (10/7/2017).

Konsentrasi seng dalam sperma cukup tinggi. Seng diperlukan untuk membuat lapisan luar dan ekor sperma. Seng penting untuk menjaga kesehatan sperma dan pemeliharaan hormon reproduksi pria. Untuk mendapatkan seng yang lebih banyak, pria bisa mengonsumsi tiram, kepiting, lobster, dan ayam.

Selain berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh dari radikal bebas, selenium penting memaksimalkan pembentukan sperma. Pria yang mengonsumsi lebih banyak selenium menghasilkan lebih banyak sperma. Selenium bisa ditemukan pada kacang Brazil, tuna kuning, sarden kaleng, dan daging sapi.

Bukan hanya selenium yang bisa meningkatkan jumlah sperma, L-Arginine juga bisa membantu menambah jumlah dan kualitas sperma. L-Arginine adalah asam amino yang banyak ditemukan di kepala sperma dan memiliki sejumlah nutrisi yang penting untuk produksi sperma.

L-Arginine banyak ditemukan pada masakan Turki, ayam, dan biji labu. Namun, pria yang memiliki penyakit herpes tidak dianjurkan untuk mengonsumsi asam amino ini lebih banyak karena bisa merangsang virus.

Tak hanya tubuh, sperma juga membutuhkan vitamin. Vitamin E dibutuhkan untuk meningkatkan kesuburan pria dan membantu pemupukan sperma. Konsumsilah bayam, alpukat, biji bunga matahari, dan ubi jalar untuk mendapatkan vitamin E yang lebih banyak.

Selain itu, vitamin C juga diperlukan untuk mencegah sperma berkumpul bersama atau yang disebut aglutinasi. Sebab apabila sperma berkumpul bersama, bisa mengakibatkan kemandulan. Vitamin C banyak ditemukan pada jeruk, paprika merah, kangkung, dan brussels sprouts.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini