nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rajin Olahraga Lari 30 Menit Sehari Jelang Menstruasi Cegah Kram

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 10 Juli 2017 05:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 08 481 1731702 rajin-olahraga-lari-30-menit-sehari-jelang-menstruasi-cegah-kram-tTfU0SUtkw.jpg Ilustrasi (Foto: Sheknows)

SEBAGIAN besar perempuan merasakan sakit saat menstruasi datang, termasuk Anda. Rasa sakit itu bisa memengaruhi mood, sehingga membuat menstruasi terasa menyebalkan. Salah satu cara untuk menghilangkan sakit saat menstruasi adalah berolahraga.

Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, Anda cukup melakukan gerakan yang simpel untuk meredakan rasa sakit yang timbul saat menstruasi. Ada baiknya olahraga dilakukan sebelum periode menstruasi berlangsung. Anda tentunya sudah bisa mengira-ngira kapan periode Anda akan datang.

Dilansir dari StleCraze, Senin (10/7/2017), inilah beberapa gerakan yang bisa Anda lakukan untuk meredakan rasa sakit;

Squats

Olahraga kekuatan ini memanfaatkan bagian bawah tubuh Anda. Gerakan ini bagus untuk menstimulasi otot-otot yang berada di daerah panggul dan perut. Untuk melakukan gerakan ini, buka sedikit kaki dalam posisi sejajar. Kemudian turunkan bokong hingga pinggul berada di bawah lutut. Pastikan lengan terentang dan punggung berada dalam posisi lurus. Lakukan gerakan ini 10-15 kali.

Sit up

Lakukan sit-up 10-15 kali menjelang hari-hari Anda akan mengalami menstruasi. Sit-up bisa memberikan tekanan pada perut sehingga bisa meredakan rasa sakit saat tamu bulanan datang.

Twisted crunches

Gerakan ini mirip dengan sit-up namun menggunakan sedikit sentuhan. Gerakan ini juga bisa membantu Anda untuk membentuk abs dan paha. Cara untuk melakukan gerakan ini adalah topang badan Anda menggunakan tangan. Lalu tekuk kedua kaki ke arah kanan yang sejajar dengan dada. Istirahat sebentar lalu ulangi gerakan 10-15 kali.

Lengkungkan badan

Gerakan ini bisa Anda lakukan kapan saja sambil berdiri. Anda hanya perlu melengkungkan bagian atas tubuh Anda ke kanan bawah hingga merasakan otot-otot di punggung tegang. Lakukan gerakan yang sama ke arah kiri. Ulangi gerakan 10-15 kali.

Berlari

Jika latihan gerakan membuat Anda bosan, Anda bisa mencoba untuk berlari. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari latihan sederhana ini, Anda disarankan untuk berlari selama 30 menit.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini