Image

Seorang Pria Selamat dari Letusan Gunung Berapi Berkat Sekaleng Sarden

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 11 Juli 2017, 09:25 WIB
https img.okeinfo.net content 2017 07 10 406 1733078 seorang pria selamat dari letusan gunung berapi berkat sekaleng sarden G5D5aoTCIV.jpg Aclo, Sardine Boy Atau Pria Sarden (foto: Jacob Maentz/BBC)

FILIPINA memiliki satu gunung berapi yang 60 tahun lalu meletus dan menghancurkan desa yang berada tepat di kaki gunung. Letusan dahsyat Gunung Hibok Hibok terjadi pada 1951 dan menyimpan satu cerita haru sekaligus unik.

Cerita tersebut dialami oleh salah seorang warga yang menghuni desa di kaki Gunung Hibok Hibok tersebut. Dari banyaknya warga desa yang jadi korban letusan dan desa hancur karena peristiwa meletusnya gunung, hanya satu orang anak yang selamat dan uniknya lagi, ia diselamatkan oleh sekaleng sarden.

Bagaimana bisa?

Sebelum matahari terbit, pada Desember 1951, Aclo yang kala itu berusia 12 tahun, pergi meninggalkan rumahnya di Ilihan dan meninggalkan kawasan gunung. Ia diperintahkan ibunya untuk membeli ikan kalengan.

Namun, sesuatu terjadi ketika Aclo pergi membeli ikan kalengan. Saat fajar menyingsing, tanah terasa seakan bergemuruh dan tanpa peringatan, gunung berapi memuntahkan batuan dan lava. Lava dengan sekejap menelan dan melahap semua orang di Ilihan, termasuk keluarga Aclo.

"Ada banyak suara dan asap, saya ingin kembali ke gunung dan menyelamatkan keluarga saya. Namun, saya malah dievakuasi ke Kota Davao, Mindanao Selatan," ucap Aclo, dikutip dari BBC, Selasa (11/7/2017).

Sebanyak 500 hingga 3.000 penduduk pulau diperkirakan jadi korban keganasan letusan Gunung Hibok Hibok. Walaupun belum bisa dipastikan jumlah warga yang tewas. Namun, Aclo jadi satu-satunya survivor desa.

Akhirnya, setelah peristiwa letusan gunung, Aclo dijuluki Sardine Boy (Lelaki Sarden), ia berhutang nyawa pada ikan kalengan yang telah menyelamatkan hidupnya dari letusan gunung. Kini, Aclo telah berumur 80 tahun dan tinggal di Camiguin bersama istrinya Gloria dan ketujuh anaknya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini