nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

AWAS! Racun dari Logam Berat & Infeksi Bisa Sebabkan Penyakit Autoimun

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 10 Juli 2017 12:23 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 10 481 1732524 awas-racun-dari-logam-berat-infeksi-bisa-sebabkan-penyakit-autoimun-eE7gd1jZPi.jpg Ilustrasi (Foto: Mindbodygreen)

AUTOIMUN menjadi penyakit yang mulai menghantui masyarakat. Dalam penelitian yang telah dilakukan, penyakit ini termasuk dalam 10 penyebab utama kematian pada perempuan berusia di bawah 65 tahun.

Masalah ini memiliki banyak jenis penyakit. Karena itu, pada kasus ini, penderita tidak memiliki kesamaan kasus yang general. Tapi, satu masalah yang sama adalah adanya kerusakan respons kekebalan yang disebabkan tubuh Anda dan menyerang tubuh Anda sendiri.

Tubuh Anda memiliki sistem kekebalan yang sangat canggih untuk membuat Anda tetap aman, sehingga mampu untuk mengidentifikasi semua zat asing yang masuk ke tubuh. Jika sistem kekebalan tubuh Anda memanggap virus yang masuk berbahaya, maka secara alami tubuh Anda akan menghasilkan antibodi untuk menangkal sumber masalah tersebut.

Penyakit autoimun datang saat tubuh Anda bekerja keras untuk mempertahankan diri terhadap sesuatu yang berpotensi berbahaya. Ada banyak faktor yang dapat meningkatkan risiko masalah ini. Salah satunya adalah faktor genetik.

Namun, apakah gen-gen tersebut semakin parah kondisinya saat terjadi kontak langsung dengan bahan berbahaya? Seperti toksin dari logam berat, merkuri, atau mikotoksin dari jamur, infeksi seperti Candida, Epstein-Barr dan virus herpes simpleks.

Sedangkan yang paling signifikan, peradangan kronis terkait dengan sensitivitas makanan terutama juga bisa, misalnya intoleransi gluten. Ada hubungan yang signifikan antara penyakit autoimun dan intoleransi gluten.

Namun, sistem imun gagal membedakan antara penyusup dan bagian tubuh Anda sendiri. Kesalahan jenis jaringan tertentu pada zat berbahaya menyebabkan tubuh Anda mengubah antibodi menjadi bumerang bagi tubuh Anda sendiri.

Dilansir dari Mind Body Green, diketahui ada 10 tanda tubuh Anda sedang diserang oleh sistem imun Anda sendiri atau Anda mengidap masalah Autoimun, berikut penyebabnya:

1. Nyeri sendi atau otot berkelanjutan

2. Kehilangan berat badan secara drastis, insomnia, intoleransi panas atau detak jantung yang cepat tidak normal.

3. Ruam berulang atau gatal-gatal, sensitif terhadap matahari, atau ruam berbentuk kupu-kupu di hidung dan pipi.

4. Mengalami kesulitan berkonsentrasi

5. Mudah merasa lelah atau letih atau intoleransi dingin

6. Rambut rontok atau bercak putih pada kulit atau di dalam mulut

7. Nyeri perut, darah atau lendir di dubur Anda, diare atau bisul di mulut

8. Mata, mulut, dan kulit yang terlalu kering

9. Mati rasa atau kesemutan di tangan atau kaki

10. Keguguran atau penggumpalan darah.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini