nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kondisi Bayi Perempuan yang Lahir di Tol Cipali Sudah Lancar Minum ASI

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 10 Juli 2017 14:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 10 481 1732606 kondisi-bayi-perempuan-yang-lahir-di-tol-cipali-sudah-lancar-minum-asi-uNNbiksynM.jpg Bayi yang lahir di tol Cipali (Foto: Asep Mulyana)

KETIKA arus balik Lebaran ada kisah mengharukan dari keluarga yang mudik. Seorang pemudik yang sedang hamil melahirkan bayinya di Tol Cikampek- Palimanan (Cipali) KM 82 pekan lalu.

Bayi mungil perempuan dari ibu bernama Sugiati itu dinamai Bhayangkariwati Ramadniya. Pada saat proses persalinan dibantu oleh tim medis dari RS Siloam Purwakarta.

Dokter Jaga UGD dr Lidya mengatakan, saat menolong persalinan dirinya merasa takjub. Saat bayi telah lahir juga ditolomg oleh Kasatlantas Purwakarta AKP Arman Sahti.

"Saat bertugas jaga siang itu, ada bayi yang dikatakan lahir di pinggir jalan tol datang dibopong polisi. Lalu saya memeriksanya segera," kata dr Lidya berdasarkan informasi yang diterima Okezone, Senin (10/7/2017).

Ketika lahir, tali pusar bayi masih menempel di plasenta, serta dalam kondisi normal. Kemudian tim medis mengobservasi dan memberi rangsangan agar bayi aktif ada napas dan menangis.

"Bayinya juga diberi kehangatan, lalu diletakkan di infanteri warmer. Tali pusar saya potong dan kami beri suntik Hepatitis B, Vitamin K dan beri obat tetes mata bagi sang bayi. Sang Ibu pun dalam kondisi normal, tidak ada pendarahan dan sehat saat tiba di UGD," papar Lidya.

Mengingat, proses melahirkan bayi di pinggir jalan tol sangat beresiko. Namun, dengan kerjasama berbagai pihak dan kemauan ibu, risiko pun tidak ada.

"Tentu ini pengalaman yang sangat berharga dapat menangani kedatangan bayi yang lahir di jalan tol juga menangani sang ibu," tambah Lidya.

Sarno, kerabat yang mewakili keluarga besar Sugiati bersyukur dengan proses kelahiran yang cukup mengharukan itu. Dia mengatakan, bayi perempuan dan ibunya sehat dan lancar minum ASI.

"Alhamdulillah, bayi dan ibunya sehat. Minum ASI lancar dan si Ibu kembali normal beraktivitas, mengasuh bayinya dan kadang bekerja membantu saya memilah sampah sampah plastik," ungkap Sarno.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini