nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hati-Hati! Operasi Caesar Bisa Menyebabkan Perempuan Terkena Hernia

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 11 Juli 2017 05:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 10 481 1732691 hati-hati-operasi-caesar-bisa-menyebabkan-perempuan-terkena-hernia-2Rq1rakc3m.jpg Ilustrasi (Foto: Thehealthsite)

ADA 2 cara yang bisa dipilih oleh perempuan hamil untuk melahirkan bayinya, yaitu melalui persalinan normal atau operasi caesar. Namun dalam beberapa kondisi, perempuan harus menjalani operasi caesar untuk melahirkan bayinya. Tapi ternyata, hal operasi caesar bisa menyebabkan perempuan menderita hernia.

Biasanya, hernia disebabkan karena mengangkat beran terlalu berat atau aktivitas lain yang memberi tekanan pada perut. Lalu, mengapa operasi caesar bisa menyebabkan hernia? Dilansir dari The Health Site, Selasa (11/7/2017), saat melakukan operasi caesar, dokter perlu menyayat bagian perut. Apabila sayatan bedah yang belum kering mendapatkan tekanan, hal itu dapat menyebabkan lapisan perut terdorong keluar melalui sayatan.

Kondisi inilah yang menyebabkan hernia. Hernia setelah operasi caesar disebut dengan hernia insisional. Hernia insisional dapat diketahui dengan adanya tanda-tanda seperti mual, sembelit, nyeri pada perut, dan adanya tonjolan pada perut terlebih saat berdiri tegak.

Untuk mengatasi terjadinya hernia insisional bisa dilakukan beberapa cara, salah satunya adalah dengan menggunakan pengikat perut. Pengikat perut dapat membuat lapisan perut yang terdorong keluar bisa kembali ke tempat semula. Apabila terjadi komplikasi seperti rasa sakit tak tertahankan dan usus tersangkut, perlu dilakukan pembedahan kembali.

Namun, hernia insisional tidak terjadi pada semua perempuan yang melahirkan dengan operasi caesar. Mereka yang memiliki diabetes, obesitas, sayatan besar, dan jaringan perut lemah lebih berisiko untuk mengalami kondisi ini saat melahirkan melalui operasi caesar.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini