Image

Baru Tahu! Ternyata Gula Batu Bisa Dijadikan Obat Batuk & Flu

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 11 Juli 2017, 09:15 WIB
https img.okeinfo.net content 2017 07 10 481 1732758 baru tahu ternyata gula batu bisa dijadikan obat batuk flu rFAZ7CzoZP.jpg Gula Batu (Foto: Thehealthsite)

KONSUMSI gula berlebih banyak dikaitkan dengan peningkatan risiko masalah kesehatan. Pun juga dengan mereka yang akhirnya terlalu kekurangan gula.

Sebenarnya, dengan takaran dan jumlah asupan yang pas, gula malah berfaedah untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah sebagai sumber energi. Maka dari itu, beberapa ahli medis menyarankan untuk meminum cairan manis sebagai bentuk pengganti energi tubuh yang hilang.

Gula memiliki jenis yang beragam. Di Indonesia sendiri, mungkin Anda tak hanya mengenal gula pasir putih, tetapi ada gula merah, gula tebu, gula aren, atau gula batu. Nah, dari beberapa jenis gula itu, ternyata gula batu cukup bersahabat dengan tubuh manusia. Bahkan, bisa berfungsi sebagai pengobatan penyakit.

Diketahui, gula batu ternyata bisa dijadikan obat batuk. Dilansir dari 1000 Natural Remedy, Selasa (11/7/2017) sudah sejak ratusan tahun yang lalu, gula batu digunakan dalam berbagai pengobatan Ayurvedic dan terbukti efektif melawan batuk. Tak hanya itu, gula dengan tingkat kemanisan tak berlebihan itu juga bisa mengendurkan dahak dan menenangkan rongga mulut.

Kemudian, gula batu juga diyakini bisa menyembuhkan flu. Ya, di musim pancaroba seperti sekarang ini, rasanya perlu adanya pencegahan yang tepat untuk menangkan flu. Penyebaran yang mudah tentunya akan membuat Anda berisiko tinggi terkena flu, terlebih saat sistem imun tubuh tidak bersahabat.

Gula batu mampu menjadi obat masalah ini karena adanya kandungan penenang dari peradangan. Walau begitu, hasil dari pengobatan flu bisa lebih maksimal bila Anda mencampurkan gula batu dengan lada hitam dan almond. Konsumsi campuran ini setiap malam bisa menurunkan tingkat keparahan flu Anda.

Selain baik untuk masalah ISPA, gula batu juga cukup baik untuk menjaga fungsi otak tetap baik. Dengan mengganti total gula di dapur dengan gula batu, Anda sudah berusaha untuk menjaga kualitas memori keluarga Anda. Selain itu, masalah batu ginjal juga bisa ditangani dengan mengonsumsi gula batu dengan takaran yang tepat.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini