nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nikmatnya si Kecil Dipijat dan Berendam di Spa

Mohammad Saifulloh, Jurnalis · Senin 10 Juli 2017 16:44 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 10 481 1732849 nikmatnya-si-kecil-dipijat-dan-berendam-di-spa-iGGqvNOuV6.jpg

BAHAN alami dari tetumbuhan menjadi kekhasan tradisi Nusantara untuk perawatan tubuh. Spa berbahan herba pun aman dicoba oleh anak-anak dan bayi.

“Manfaat sangat besar akan diperoleh melalui perawatan tubuh anak usia 0-6 tahun, mengingat rentang waktu tersebut adalah masa emas perkembangan tubuhnya,” cetus Kepala Balai Kesehatan Tradisional Masyarakat (BKTM) Makassar, Sulawesi Selatan Dr.dr. Anna Khuzaimah, M.Kes. beberapa waktu lalu.

Khasiat tersebut kemudian dikembangkan oleh BKTM Makassar sebagai salah satu layanan perawatan terintegrasi mulai dari pijat bayi dan spa. Khusus spa, meski yang langsung merasakan manfaat perawatan spa adalah orang dewasa, Anna memastikan bayi dan anak-anak juga bisa merasakan nikmatnya dipijat dan berendam lewat spa karena menyenangkan sekaligus menyehatkan.

“Bayi dan anak yang telah diterapi spa akan terlihat lebih segar, sehat, dan bersemangat,” papar Anna yakin.

A post shared by MOM N JO PROMO (@momnjopromo) on Jun 30, 2017 at 11:47pm PDT

Spa pada bayi, balita, dan anak dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu mandi dan berendam atau berenang (untuk bayi) dan pijat. Mereka juga diluluri dengan ramuan herbal atau masker badan setelah proses pemijatan. Fungsinya untuk menghilangkan kotoran di permukaan kult anak dan menjaga elastisitas kulit.

Sementara diyakini, mandi berendam juga cocok dilakukan anak dan bayi yang memiliki sifat pembosan. Sedangkan pemijatan ketika spa diindikasikan untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan anak.

Secara ilmiah, imbuh Anna, terapi sentuh ataupun pemijatan bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah yang berpengaruh terhadap sistem metabolisme tubuh dan daya tahan tubuh si kecil agar tak mudah terserang penyakit. Kualitas tidur si kecil pun akan membaik karena merasakan efek relaksasi sekaligus membantu memperbaiki sistem pencernaannya dan menambah selera makan.

“Spa juga bermanfaat untuk mendeteksi kelainan tumbuh kembang bayi dan anak secara dini,” kata Anna.

Tahapan dalam spa, yakni mandi berendam juga sangat efektif untuk menghilangkan kelelahan dan kejenuhan. Lantaran sebagian besar tubuh bayi dan anak akan terkena air dalam waktu cukup lama sehingga badannya lebih segar dan bersih.

Nampaknya, spa bayi dan anak di BKTM Makassar menjadi salah satu layanan favorit karena antreannya dari pukul 08.00 hingga tambahan waktu sore hari. Yang menarik, air rendaman dalam rangkaian perawatan spa menggunakan ramuan kayu secang. Sehingga suhu air 34-35 derajat Celcius yang diramu dengan secang membuat rendaman berwarna merah. Bayi pun terlihat rileks dan menikmati kehangatan yang tercipta.

Kebersihan air rendaman pun dijaga dengan menggantinya langsung setelah dipakai. Bayi juga diharuskan mengenakan pelampung kepala yang membuat tubuhnya mengambang serta tidak menimbulkan tekanan di leher bayi.

“Sebulan sekali anak saya bawa kemari agar badannya segar,” jelas salah satu orang tua pelanggan spa BKTM Makassar, Sitti Amina.

Anak lelakinya yang berumur 8 bulan memang nampak menikmati suasana rileks yang tercipta. Matanya terlihat sayu, namun kakinya di dalam air aktif bergerak di dalam kolam pompa berbentuk vertikal. Setelah tubuh si kecil diangkat dari air rendaman kayu secang, terapis akan mengeringkannya lalu mulai dipijat dengan minyak kayu putih ataupun aromatherapy oil.

Sitti menyukai khasiat spa bayi ala BKTM Makassar lantaran anak pertamanya tersebut jarang sakit, makan MPASI dengan lahap serta mudah tidur. Selain manfaat tersebut, ternyata rendaman kayu secang dapat meningkatkan imunitas tubuh serta membantu proses sirkulasi darah ke seluruh tubuh sehingga anak akan merasa lebih nyaman.

“Bayi yang dibiasakan berenang akan memiliki keseimbangan tubuh yang baik, tidak takut air sehingga akan mengasah kemandirian serta kepercayaan dirinya. Manfaat lainnya juga dapat meningkatkan IQ dan konsentrasi,” terang Anna tentang manfaat plus dari spa bayi.

Spa Anti Stres Bagi Anak

Layanan lain bagi anak-anak di BKTM Makassar adalah spa wajah dan rambut untuk anak. Mungkin bagi orang dewasa, layanan perawatan tersebut sudah lumrah. Yang berbeda dari spa wajah dan rambut anak adalah bahan-bahan yang digunakan aman dan diperuntukkan khusus untuk kulit anak serta tidak ada efek samping. Mulai dari tabir surya, masker, dan minyak.

Beberapa ramuan racikan yang digunakan di antaranya masker wajah dari coklat, buah arbei, strawberry, tomat, bengkuang, dan alpukat, minyak almond untuk pijat, serbuk susu untuk berendam serta madu untuk masker wajah dan rambut. Jeruk nipis juga dimanfaatkan untuk memutihkan kulit anak serta menyerap kelebihan minyak di akar rambut.

“Petugas kami selau menganjurkan pemakaian tabir surya khusus untuk anak serta mengarahkan perawatan kulit bagi mereka di rumah untuk mengurangi tingkat stress mereka di sekolah,” cetus Anna.

Anna mewanti-wanti jika perawatan dilakukan di rumah ada beberapa langkah khusus agar manfaat spa bagi bayi dan anak tercapai. Misalnya, ada beberapa hal yang harus dihindari ketika memijat si buah hati, seperti tidak memijatnya langsung setelah makan. Sebaiknya orang tua menunggu 1-2 jam setelah anak makan.

Jika anak-anak dan bayi sedang tidak mood dipijat dan spa, sebaiknya orang tua tak memaksanya karena bakal memicu stress baru bagi si kecil. Orang tua, kata Anna, juga tak memaksakan posisi pijat tertentu bagi bayi dan anak. Selamat mencoba!

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini