nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Manfaat Menangis, Jangan Pendam Tangisanmu!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 10 Juli 2017 20:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 10 481 1733007 5-manfaat-menangis-jangan-pendam-tangisanmu-GxeOJVrhve.jpg Manfaat Menangis (Foto: The Happy World)

PATAH hati biasanya dibarengi dengan tangisan dan kekesalan. Bagi mereka yang memilih nangis, langkah Anda sudah benar. Sebab, menangis tidak salah sama sekali. Bahkan mengundang banyak manfaat untuk kesehatan.

Ya, menangis tidak hanya berarti menyiksa tubuh dengan berletih-letih mengeluarkan air mata dan menyesali apa yang sudah terjadi. Tetapi, dengan menangis, Anda telah berbuat baik kepada badan Anda sendiri. Dilansir dari Health Line, Senin (10/7/2017) ternyata menangis merupakan bentuk emosi yang menguntungkan.

1. Detoksifikasi

Huh? Menangis merupakan upaya detoksifikasi? Bagaimana bisa? Perlu Anda ketahui, dengan menangis, Anda berusaha untuk mengeluarkan kotoran yang ada di mata, baik itu debu, kotoran, sampai sesuatu yang ganjal lainnya. Air mata mengandung hormon stres, jadi, semakin Anda larut dalam tangisan, sebenarnya Anda telah menghilangkan stres di tubuh.

2. Menenangkan diri

Jangan khawatir, walau setelah menangis Anda sesegukan letih seperti habis lari, namun dampak baiknya adalah menangis merupakan mekanisme terbaik untuk menenangkan diri. Para ahli menemukan bahwa tangisan bisa mengaktifkan sistem saraf parasimpatis (PNS). Jenis saraf itu membantu tubuh beristirahat lebih baik.

3. Meredakan rasa sakit

Menangis untuk jangka waktu lama dipercaya bisa melepaskan oksitosin dan opioid endogen, atau yang biasa dikenal dengan endorfin. Endorfin ini dapat membantu mengurangi rasa sakit, baik fisik atau emosional. Begitu endorfin dilepaskan, tubuh akan mengalami tahap yang tidak seimbang. Tetapi, karena endorfin keluar berbarengan dengan oksitosin, itu bisa membuat Anda merasa jauh lebih tenang atau sehat.

4. Meningkatkan mood

Selain meringankan rasa sakit, menangis juga bisa meningkatkan semangat tubuh. Saat Anda terisak, tubuh menghirup udara dingin dengan cepat. Pernapasan di udara dingin bisa membantu Anda mengatur sekaligus menurunkan suhu otak. Otak yang dingin lebih disukai tubuh dan pikiran. Akhirnya, mood Anda bisa membaik seiring dengan isakan tangis Anda.

5. Mengembalikan keseimbangan emosional

Menangis tidak hanya terjadi karena mendapatkan rangsangan kesedihan. Anda pasti setuju bila menangis juga bisa terjadi karena hal yang terlalu membahagiakan, ketakutan, atau stres. Para ahli di Universitas Yale percaya bahwa menangis dapat membantu mengembalikan keseimbangan emosional.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini