Bukan Hal Baru, soal Surat Wasiat Sudah Ada sejak Zaman Rasulullah SAW

Vessy Frizona, Jurnalis · Rabu 12 Juli 2017 04:23 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 11 196 1733984 bukan-hal-baru-soal-surat-wasiat-sudah-ada-sejak-zaman-rasulullah-saw-hToBbaXTkL.jpg Ilustrasi (Foto: Google)

SURAT wasiat ialah pernyataan sah yang penulisnya selaku pewasiat mencalonkan beberapa orang untuk mengurusi hartanya apabila pewasiat meninggal dunia. Wasiat juga dapat menentukan amanat wasiat yang hanya berlaku setelah kematian pewasiat.

Salah satu hal yang menyangkut surat wasiat pembagian harta warisan dari orangtua kepada anak. Mengenai surat wasiat, Islam sudah lama mengatur perihal urusan duniawi ini. Hanya saja, dalam Islam juga terselip beberapa hal yang menjadi hak Allah SWT.

Dikutip dari buku berjudul Sunnah-Sunnah Harian karya Abdullah Mahmud Al-Furaih dijelaskan bahwa wasiat bagian dari sunnah yang wajib dijalami umat muslim.

Wasiat adalah sunnah bagi seorang muslim, baik ketika ia sakit maupun dalam kondisi sehat. Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah SAW,

Tidak baik bagi seorang muslim memiliki suatu yang ingin diwasiatkan bermalam dua malam, kecuali wasiatnya itu tertulis di sisinya.” (HR. Bukhari : 2533 dan Muslim : 3074).

Penyebutan dua hari dalam hadits tersebut bukan berarti pembatasan. Maksudnya adalah supaya tidak berlaku waktu yang sebentar, melainkan wasiatnya tertulis di sisinya. Sebab, kita tidak mengetahui kapan kita menginggal. Ini adalah sunnah yang berlaku untuk setiap orang.

Adapun wasiat yang berkaitan dengan hak Allah SWT seperti zakat, haji, kafarat, atau yang berkaitan dengan berkaitan dengan hak manusia, seperti utang atau amanat, ini adalah wajib bukan sunnah.

Sebab semua itu berkaitan dengan penunaian hal-hal yang wajib, apalagi jika tidak ada seseorang pun yang mengetahui tentang hak-hak ini.

(vin)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini