Image

ASTAGA, Gara-Gara 'Meme' 6 Karyawan Restoran Cepat Saji Dipecat

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 12 Juli 2017, 07:30 WIB
https img.okeinfo.net content 2017 07 11 298 1733754 astaga gara gara meme 6 karyawan restoran cepat saji dipecat jlrs11sn7T.jpg Perusahan fast food pecat karyawan karena meme (Foto:Bigoven)

KRISIS kebebasan berpendapat tampaknya tengah melanda para karyawan di sebuah restoran cepat saji asal Minnesota, Amerika Serikat. Beberapa waktu lalu, enam karyawan Jimmy John terpaksa diberhentikan secara tidak terhormat setelah mengunggah sebuah foto meme di media sosial.

Kejadian ini bermula ketika para karyawan memprotes kebijakan perusahaan terkait cuti sakit, pada 2012. Mereka menganggap bahwa pihak perusahaan tidak memberikan bayaran cuti sakit yang sesuai dengan ketentuan.

Buntut dari hal tersebut, enam orang pegawai yang tergabung dalam serikat pekerja, menciptakan sebuah meme bernada sarkas yang mereka sebar melalui poster dan juga media sosial.


Kampanye mereka ternyata dianggap sebagai bentuk ketidaksetiaan (disloyal), hingga berujung pada pemecatan. Meski telah melalui proses pengadilan, posisi perusahaan semakin kuat setelah pihak advokasi pengadilan meluncurkan sebuah peraturan baru.

Hal ini menjadi dilema tersendiri bagi para karyawan, karena mau tidak mau, mereka harus membawa permasalahan ini ke tingkat yang lebih tinggi yakni, Mahkamah Agung. Tentu saja dengan risiko yang lebih besar dibandingkan pengadilan umum. Demikian dilansir dari Food Beast, Rabu (12/7/2017).

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini