Daging Sengkel Enaknya Dibikin Bakso, kalau Tetelan Dibikin Apa?

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 12 Juli 2017 08:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 11 298 1733768 daging-sengkel-enaknya-dibikin-bakso-kalau-tetelan-dibikin-apa-ZyyKtlGbpS.jpg Daging sapi (Foto:Food)

OLAHAN daging sapi memang tidak pernah gagal menggoyang lidah. Mulai dari steak, bakso, hingga rendang, memiliki cita rasa yang khas dan bisa bikin siapa saja ketagihan.

Namun ternyata, tidak semua bagian daging sapi dapat diolah menjadi hidangan lezat. Dikutip Okezone dari buku Masakan Daging Sapi Nusantara, karya Tim Dapur Demedia, Rabu (12/7/2017), berikut beberapa bagian daging sapi yang layak digunakan untuk bahan dasar masakan.

1. Sengkel adalah daging bagian depan atas kaki sapi. Biasanya digunakan untuk membuat sup, soto, atau bakso urat.

2. Sandung lamur (brisket) merupakan daging bagian dada bawah sekitar ketiak. Bagian ini agak berlemak, dan biasanya digunakan untuk membuat asam pade pada masakan padang.

3. Has dalam (tenderloin) merupakan daging dari bagian tengah badan dengan tekstur yang paling lunak dibandingkan bagian daging lainnya. Daging has paling tepat digunakan sebagai bahan steak.

4. Has luar (sirloin) adalah bagian daging sapi yang berasal dari bagian bawah daging iga, terus sampai ke bagian luar has dalam. Bagian ini juga sering digunakan untuk membuat steak.

5. Gandik (silver) side adalah bagian paha belakang paling luar. Bagian ini sering digunakan untuk membuat dendeng balado atao abon sapi.

6. Tanjung (rump) adalah daging yang berasal dari bagian punggung belakang. Bagian ini biasanya dimasak dengan cara dipanggang (dibuat sate).

7. Tetelan merupakan sisa daging yang melekat pada tulang. Daging ini berupa campuran daging, urat, dan lemak. Biasanya digunakan untuk membuat sup atau rawon.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini