CATAT! Poligami Meningkatkan Risiko Serangan Jantung!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 11 Juli 2017 13:42 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 11 481 1733529 catat-poligami-meningkatkan-risiko-serangan-jantung-8W9JMldGQn.png Ilustrasi (Foto: Buzzkenya)

POLIGAMI bukan sesuatu yang mudah untuk dipilih. Pertimbangannya banyak, mulai dari hati yang harus diperhatikan sampai dengan menafkahi dua manusia sekaligus, belum termasuk anaknya.

Tidak berhenti di situ saja, memilih berpoligami berarti Anda harus bersiap menghadapi risiko terberat yaitu penyakit jantung. Ya, menurut studi baru-baru ini, berpoligami meningkatkan risiko penyakit jantung 2 sampai 4 kali lipat dibandingkan mereka yang monogami, dikutip dari Standar Digital.

Lebih lanjut, menurut peneliti Amin Daolah dari King Faisal Specialist Hospital, Arab Saudi, hasil penelitian ini dilihat dari riset yang dia lakukan pada pasien di 5 rumah sakit yang ada di Saudi Arabia dan Uni Emirat Arab. Hasilnya adalah dari 1.068 pria yang menjalani pengobatan penyakit jantung, terdapat 687 pria yang sudah menikah dan 229 di antaranya memiliki 2 hingga 4 istri.

Faktor penyebabnya pun coba dijabarkan Amin. Menurut dia, adanya keterkaitan antara penyakit jantung dan poligami terletak pada kehidupan di rumahnya. Ya, pria yang berpoligami harus menyediakan kebutuhan rumah tangga dari istri yang berbeda. Hal itu membuat keuangan bertambah, yang akhirnya berdampak pada emosi seseorang.

Tak berhenti di situ saja, mereka yang berpoligami juga berarti harus siap dengan tuntutan setiap istri yang berbeda tentunya. Kondisi tersebut menjadi beban tersendiri bagi si pria. Itu kenapa, pria yang menjalani poligami memiliki tingkat stres yang tinggi juga.

Dalam penelitian lainnya, terlihat juga bahwa berpoligami menentukan hormon yang dilepaskan saat stres. Nah, hormon tersebut memicu secara langsung jantung. risiko terbesarnya adalah serangan jantung.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini