nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jumlah Kantung Darah Menipis, Menkes Nila: "Jadikan sebagai Gaya Hidup, Rutin Donor Darah 3 Bulan Sekali"

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 11 Juli 2017 14:25 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 07 11 481 1733541 jumlah-kantung-darah-menipis-menkes-nila-jadikan-sebagai-gaya-hidup-rutin-donor-darah-3-bulan-sekali-tXMSuJoZQE.jpg Ilustrasi (Foto: Rockstarresearch)

Pendonor darah di Indonesia jumlahnya masih sedikit. Menteri Kesehatan RI Dr dr Nila F Moeloek SpM(K) mengajak seluruh masyarakat Indonesia melakukan donor darah.

Jumlah kantung darah, menurut Menkes Nila, masih sangat sedikit. Tingkat kesadaran masyarakat untuk melakukan donor darah masih rendah.

"Donor darah sebaiknya dijadikan sebagai gaya hidup. Baiknya setiap 2-3 bulan sekali," kata Prof Nila, lewat informasi yang diterima Okezone, Selasa (11/7/2017).

Padahal, kantung darah sangat berharga beberapa orang yang membutuhkan. Seperti pada wanita hamil, melahirkan, orang yang mengalami kecelakaan, dan lainnya.

Menkes Nila menambahkan, beberapa orang yang membutuhkan darah akan sangat tertolong nyawanya. Karena itu, pemerintah mengimbau masyarakat untuk melakukan donor darah.

"Kami imbau pendonor untuk memberikan darah. Karena darah ini tidak bisa dibuat dari bahan kimia, sehingga harus diberikan dalam bentuk kantung darah asli," tambahnya.

Adapun syarat menjadi donor darah tidaklah sulit. Usia yang disarankan yakni 17 tahun ke atas, dengan kondisi HB di atas 12.

Siapapun yang sehat boleh mendonorkan darahnya rutin. Karena manfaatnya cukup dirasakan oleh tubuhnya dalam jangka panjang.

Anda yang sedang menderita penyakit jantung dan hipertensi, serta penyakit yang melemahkan tubuh Anda juga tak disarankan untuk mendonorkan darahnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini