nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tidur di Ruangan Terlalu Dingin Bisa Bikin Anda Sesak Napas

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 11 Juli 2017 21:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 11 481 1733661 tidur-di-ruangan-terlalu-dingin-bisa-bikin-anda-sesak-napas-wRrtQ3jb3U.jpg Tidur di ruangan dingin (Foto: Standard)

SUHU di beberapa wilayah Indonesia bisa dikatakan panas. Makanya, banyak dari masyarakat memasang pendingin ruangan untuk mendapatkan suhu yang lebih sejuk.

Tapi, siapa sangka, penggunaan pendingin ruangan juga bisa berdampak buruk ke kesehatan Anda. Apalagi saat Anda tidur dengan suhu terlalu dingin dengan kelembaban yang cukup tinggi juga. Masalah pernafasan menjadi salah satu risikonya.

Seperti dikutip Quora, Selasa (11/7/2017) dengan kelembapan yang terlalu tinggi dari suhu normal tubuh, risiko masalah pernafasan bisa meningkat. Salah satunya adalah sulitnya bernapas dan bisa berdampak jauh kepada sistem pernapasan itu sendiri. Tapi, kondisi ini memang tidak semua orang merasakan, hanya pada mereka yang punya sensitivitas penciuman saja yang mengalami masalah ini.

Tetapi, tidak menutup kemungkinan mereka yang sebelumnya memiliki sistem pernapasan yang baik pun bisa mengalami masalah ini. Apalagi bila pendingin ruangan selalu aktif dan suhu yang diaturnya jauh di bawah dari suhu tubuh normal.

Sementara itu, jangka panjang bila Anda sudah terbiasa dengan tidur di ruangan bersuhu rendah juga bisa meningkatkan risiko pertumbuhan jamur dan alergen lainnya sebesar 50 persen. Selain itu, Anda juga memiliki kesempatan untuk meningkatkan sindrom mudah sakit.

Jadi, sangat disarankan untuk Anda yang memilih tidur di ruangan berpendingin, jangan setting suhu ruangan terlalu jauh dari suhu normal. Bahkan, baiknya adalah tidak mengaktifkan AC, biarkan suhu malam menjadi suhu alami tubuh Anda terlelap.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini