nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Konsumsi 3 Potong Pepaya Setiap Hari Bantu Kontrol Gula Darah Penderita Diabetes

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 12 Juli 2017 08:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 11 481 1733710 konsumsi-3-potong-pepaya-setiap-hari-bantu-kontrol-gula-darah-penderita-diabetes-BCOAVbk8Bm.jpg Konsumsi pepaya bantu kontrol gula darah (Foto: Momjunction)

MEMPERHATIKAN dengan teliti kadar gula dalam makanan dan minuman sudah seharusnya menjadi kebiasaan penderita diabetes. Sedikit saja mereka bandel dengan gula, kadar diabetesnya pun bisa berisiko lebih berbahaya. Apalagi bila dilakukan dengan sadar dan sering.

Makanan dan minuman manis menjadi musuh penderita diabetes. Bukan tidak bisa dikonsumsi sama sekali, tetapi penderita perlu mengontrol asupannya tetap seimbang.

Karena itu, tidak semua makanan dan minuman manis itu jahat, misalnya pepaya. Buah yang mudah didapatkan itu ternyata cukup bersahabat dengan para penderita diabetes.

Ya, berdasarkan studi yang dilakukan, pepaya menawarkan banyak manfaat bagi penderita diabetes. Salah satu alasannya adalah pepaya adalah buah rendah gula dan sumber antioksidan. Penderita diabetes mengalami kondisi terhambatnya produksi insulin di pankreas, dengan mengonsumsi pepaya, masalah itu tidak semakin buruk walau Anda mengonsumsi pepaya yang manis.

Warna kuning pada pepaya menandakan tingkat beta karoten yang tinggi. Kemudian, pepaya juga menawarkan vitamin A, B, dan C yang baik untuk kesehatan tubuh. Penderita diabetes tak masalah rutin mengonsumsi pepaya, sebab kadar gula darah tidak cukup terpengaruh dengan mengonsumsi buah tersebut.

Fakta lainnya adalah kadar glukosa yang dikandung pepaya relatif rendah. Penderita diabetes disarankan untuk mengonsumsi tiga potong buah pepaya per hari untuk mencukupi kebutuhan gula dalam tubuhnya.

Selain kadar gulanya bersahabat, kandungan antioksidan pada pepaya juga bisa jadi pilihan yang tepat untuk diet diabetes Anda. Antioksidan mampu mencegah kerusakan struktur selular tubuh manusia.

Tak bisa disangkal, penderita diabetes rentan terhadap komplikasi, termasuk kerusakan jantung atau saraf yang disebabkan kadar gula darah tidak teratur. Diet sehat dengan pepaya dipercaya bisa menghambat kerusakan sel pada jangka waktu yang lama. Selain itu, pepaya juga bisa mencegah perkembangan diabetes tipe 1 dan 2.

Terkait dengan konsumsi buahnya, ahli medis menyarankan untuk makan buahnya langsung saja, tidak perlu dijus lagi. Hal itu baik untuk menjaga serat buah yang bisa menyehatkan penderita diabetes.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini