nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengatasi Anak Kecanduan Gawai, Yuk Jadi Panutan!

Koran SINDO, Jurnalis · Rabu 12 Juli 2017 19:28 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 12 196 1734674 mengatasi-anak-kecanduan-gawai-yuk-jadi-panutan-N2GUG0Tkwv.jpg Pola asuh (Foto: Digitaltrends)

MEMBERI anak gawai (gadget ) memang bisa membuatnya diam sehingga kita bisa melakukan aktivitas lain. Jika sambil menyuapi anak, dijamin anak tidak akan menolak sambil melihat kartun kesukaannya di gadget ataupun televisi.

Namun, tidak hanya bagi anak-anak, remaja pun bisa terkena efek negatif penggunaan perangkat elektronik. Lalu, bagaimana jika anak sudah telanjur kecanduan? Berikut cara mengatasinya:

Kurangi Frekuensi Bermain Gadget

Jangan langsung menghentikan kebiasaan anak bermain gadget . Cobalah mengurangi secara bertahap. Penghentian sekaligus akan membuat anak malah menjadi tantrum atau marah besar.

Alihkan Perhatian Anak

Matikan gadget dan berikan anak mainan lain yang tidak kalah menarik. Ajak anak bermain bersama atau beraktivitas bersama, seperti memasak atau membantu mencuci mobil. Kenalkan pula anak pada buku sejak dini, dengan begitu anak bisa mengalihkan kesukaannya pada benda atau kesukaan lain.

Ajak Anak Bersosialisasi

Mungkin saja anak bermain gadget karena tidak ada teman bermain. Ajaklah anak berkunjung ke rumah teman sebayanya atau pergilah ke taman dekat rumah yang terdapat banyak anak bermain.

Jadilah Panutan

Anak betah berlama-lama di hadapan layar gadget mungkin saja meniru Anda yang juga tidak pernah bisa lepas dari perangkat tersebut. Jangan hanya bisa menerapkan aturan kepada anak, tetapi Anda sendiri tidak menjalankannya. Anda bisa mencoba gerakan 1821, yakni mematikan gadget mulai pukul 18.00-21.00. Fokuskan pikiran dan tenaga Anda untuk buah hati.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini