nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Mudah Memasak dan Mengupas Telur Rebus dengan Sempurna

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 12 Juli 2017 13:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 12 298 1734425 cara-mudah-memasak-dan-mengupas-telur-rebus-dengan-sempurna-I7hPDUd8y0.jpg Telur rebus (Foto: Thedailymeal)

MEMASAK telur rebus yang sempurna, sekilas memang sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Padahal nyatanya, memasak telur rebus dengan tingkat kematangan yang sempurna danĀ  cangkang telur yang mudah dikupas sehingga tidak mengoyak bagian putih telur bukanlah perkara mudah.

Cangkang telur yang sulit dikupas dan kuning telur yang tidak mencapai tingkat kematangan yang sempurna, adalah dua dari masalah yang kerap ditemui saat merebus telur. Namun jangan khawatir dulu, karena untuk mengatasai masalah ini ada sederet trik mudah yang bisa dilakukan. Penasaran? Sontek uraiannya berikut ini!

Step 1

Tempatkan telur yang hendak direbus dalam sebuah panci yang berisi air dingin. Lalu mulailah untuk merebus telur-telur tersebut;

Step 2

Rebus telur hingga air menjadi mendidih, saat air rebusan sudah mendidih sempurna lalu matikan api kompor, tutup panci, dan angkat dari kompor. Biarkan telur tetap berada di dalam air rebusan hingga matang (sekitar 9 menit untuk telur berukuran sedang, 12 menit untuk telur berukuran besar).

Step 3

Setelah itu, angkat telur dari air rebusan lalu tempatkan telur-telur tersebut di dalam sebuah wadah mangkuk berisi air dingin. Saat suhu telur sudah mulai (dingin), kira-kira mencapai temperatur suhu ruangan maka Anda sudah bisa mulai mengupas cangkang telur. Ingat, jangan membiarkan telur untuk terlalu lama sehingga menjadi dingin karena semakin dingin maka cangkang telur akan semakin susah untuk dikupas.

Step 4

Giling ujung telur di telapak tangan, sehingga bagian cangkang telur akan menjadi retak dan mudah dilepas. Lalu rendam telur dalam mangkuk berisi air bersuhu normal (suhu ruangan). Metode ini membantu agar membrane (kulit tipis) yang menghubungkan telur dengan cangkang, ketika telur masih mengapung mulailah mengupas telur sehingga cangkang telur tidak akan menempel dan mengoyak bagian putih telur ketika sedang dikupas.

Selain direndam dalam mangkuk berisi air bersuhu normal, bisa juga mengupas langsung telur langsung di bawah kucuran air keran. Demikian seperti disitat Thedailymeal, Rabu (12/7/2017)

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini