Image

Coba Terapkan 9 Pola Makan Rasulullah SAW agar Tubuh Tetap Bugar!

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 12 Juli 2017, 19:39 WIB
https img.okeinfo.net content 2017 07 12 298 1734630 coba terapkan 9 pola makan rasulullah saw agar tubuh tetap bugar ZzFmTK7VVg.jpg Makanan sehat (foto: Teamafterburn)

MENJAGA stamina dan kesehatan tubuh, adalah salah satu hal utama yang harus dilakoni oleh siapapun. Baik itu wanita atau pria, dari berbagai kalangan umur. Entah itu masih berusia belia, dewasa, hingga yang sudah berumur lanjut.

Maka dari itu, agar semakin sehat dan bugar. Tidak ada salahnya bukan untuk mengetahui dan meniru pola makan sehat ala Rasulullah SAW. Apa saja metode pola makan sehat tersebut? Mari baca penjelasannya di bawah ini.

1. Konsumsi banyak air mineral : Minumlah air mineral langsung setelah bangun tidur di pagi hari, dan sebelum makan apapun. Rasulullah SAW mengamalkan untuk minum air mineral sejuk (bukan air es) setiap pagi.

2. Sarapan : Sarapan dengan segelas air yang dicampur dengan 1 sendok makan madu asli. Setelah waktu subuh, Rasulullah SAW membuka menu sarapannya dengan segelas air mineral yang dicampur dengan 1 sendok makan madu untuk membersihkan air liur dan sistem pencernaan seperti lambung dan usus agar terhindar dari berbagai penyakit.

3. Kurma : Memasuki waktu dhuha, Rasulullah SAW diketahui selalu memakan 7 butir buah kurma matang.

4. Cuka dan minyak zaitun : Menjelang sore hari, menu Rasulullah SAW selanjutnya ialah cuka dan minyak zaitun yang dikonsumsi bersamaan dengan roti. Di mana bermanfaat untuk mencegah lemah tulang, pikun, melancarkan sembelit, melancarkan pencernaan, mencegah kanker, hingga menghancurkan kolesterol.

5. Sayuran : Seperti disadur dari Brain, Beauty, Believe karya Dian Pelangi, disebutkan bahwa di malam hari menu utama dari Rasulullah SAW adalah sayur-sayuran, yang berfungsi untuk memperkuat daya tahan tubuh dan melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit.

6. Buah : Dalam mengonsumsi buah, Rasulullah SAW menyarankan untuk tidak memakan buah setelah menyantap nasi. Namun sebaliknya, makanlah buah terlebih dahulu baru memakan nasi.

7. Tidak absen makan malam : Islam dan Rasulullah SAW mengajarkan untuk tidak meninggalkan makan malam. Akan tetapi, makan malamlah dengan menu yang sehat dan di waktu yang tepat yakni setidaknya 2-3 sebelum jam tidur.

8. Konsumsi labu : Diketahui bahwa salah satu makanan favorit Rasulullah SAW adalah buah yaqthin atau labu manis, yang terbukti dapat mencegah penyakit gula alias diabetes.

9. Tidak mencampur makanan darat dengan makanan laut; Al-Qur’an melarang kita untuk memakan makanan darat yang dicampur dengan makanan laut. Rasulullah SAW mencegah kita untuk makan ikan bersama dengan susu, karena makanan darat mengandung ion positif sedangkan makanan laut mengandung ion negatif. Artinya, jika dicampurkan maka akan terjadi reaksi biokimia yang bisa merusak usus.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini