Image

Bumbu Disangrai Rahasia Sambal Ulek Makin Maknyus

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 13 Juli 2017, 07:05 WIB
https img.okeinfo.net content 2017 07 12 298 1734711 bumbu disangrai rahasia sambal ulek makin maknyus JpuFq4Ftrn.jpg Kunci sambal ulek makin nikmat (Foto:Makanajib)

BAGI masyarakat Indonesia, sambal sudah menjadi salah satu makanan pokok yang wajib disajikan di meja makan. Sensasi pedasnya yang khas memang terasa nikmat ketika disantap bersama nasi putih hangat dan hidangan lezat lainnya.

Untuk membuat olahan sambal yang lezat dan menggugah selera, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan, termasuk saat pemilihan bahan-bahan dasar.

Dikutip dari buku Aneka Resep Sambal Praktis, karya Budi Sutomo, yuk simak tips membuat sambal yang lezat dan menggugah selera, Kamis (13/7/2017).

1. Selalu gunakan bahan sambal yang segar dan berkualitas baik. Bahan dasar yang baik akan menghasil cita rasa sambal yang prima.

2. Cuci bersih bahan sambal segar untuk menghilangkan kotoran yang masih menembel.

3. Buatlah sambal sesaat sebelum disajikan. Sambal yang dibiarkan lama cenderung berair, kering, dan kualitas rasanya akan menurun.

4. Sangrai bumbu seperti lada, ketumbar, kemiri, jintan, wijen, dan lada jika akan digunakan untuk membuat sambal. Dengan disangrai sambal akan lebih harum dan tahan lama.

5. Gunakan ulekan atau cobek untuk sambal bertekstur kasar. Jika ingin menikmati sambal bertekstur lembuat gunakan grinder atau blender.

6. Tambahkan minyak matang atau minyak jelantan jika tekstur sambal terlalu kental. Menambahkan minyak juga membuat sambal lebih gurih dan lezat. Anda bisa menggunakan minyak bekas menggoreng bawang agar sambal lebih wangi.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini