Buah Apel hingga Pisang, Ini Cara Tepat Menyimpan Buah agar Tetap Segar

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 12 Juli 2017 21:36 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 12 298 1734827 buah-apel-hingga-pisang-ini-cara-tepat-menyimpan-buah-agar-tetap-segar-BWgUpD5Jhw.jpg Menyimpan buah (Foto: Livestrong)

TIDAK banyak orang awam yang mengetahui, bahwa setiap buah memiliki metode penyimpanan yang berbeda.

Ada yang bisa disimpan di tempat dengan suhu ruangan normal, ada pula yang harus dimasukkan ke dalam lemari pendingin.

Nah, agar tidak membuang-buang buah yang sudah dibeli hanya karena tidak bertahan lama disebabkan oleh cara menyimpan yang salah. Ketahui dulu cara penyimpanan masing-masing buah yang tepat, dalam ulasan singkat di bawah ini.

Apel 

Begitu dibeli, dan sudah sampai di rumah segera simpan apel-apel ini di dalam lemari pendingin. Dengan begitu, apel akan awet setidaknya untuk tiga minggu ke depan. Jika hanya dikonsumsi atau digunakan setengah potong, simpan setengah potong sisanya dengan membungkus sisa setengah potong tersebut menggunakan plastic wrap dan masukkan kembali ke dalam kulkas agar apel tidak mengalami proses oksidasi alias berubah warna menjadi kecoklatan.

Alpukat 

Begitu alpukat yang tadinya disimpan di dalam kulkas sudah matang, segera keluarkan dari kulkas dan simpan di tempat atau ruangan dengan suhu normal. Dengan ini, alpukat matang tersebut akan bisa bertahan selama 3 hari. Jika alpukat yang dibeli belum masak, simpan terus di dalam kulkas. Jika hanya mengkonsumsi setengah potong alpukat, oleskan sisa alpukat tersebut dengan air perasan lemon sebelum dibungkus rapat memakai plastic wrap lalu masukkan kembali ke dalam kulkas.

Pisang

Seperti apel, seperti dilansir Purewow, Rabu (12/7/2017) pisang juga sebaiknya disimpan di dalam lemari pendingin agar bisa tetap segar paling tidak selama 5 hari ke depan. Untuk menyimpan pisang yang tersis, selama ujung tangkainya masih melekat alias tidak terlepas maka cukup bungkus erat dengan plastic wrap dan masukkan lagi ke dalam kulkas.

Anggur

Masukkan anggur ke dalam wadah mangkuk atau plastik bungkusan berventilasi (ventilated bag seperti kemasan di supermarket), ke dalam lemari pendingin. Cara ini bisa membuat anggur tetap segar selama kurang lebih satu pekan.

Tomat 

Tidak berbeda dengan apel dan alpukat, tomat juga idealnya langsung disimpan di dalam kulkas. Lalu tempatkan dalam ruangan bersuhu normal, sesaat sebelum hendak dikonsumsi agar bisa awet selama satu pekan ke depan. Jika masih ingin menyimpan sisa setengah potongan tomat yang belum terpakai, masukkan ke dalam wadah Tupperware yang di dalamnya sudah diletakkan paper towel.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini