nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hasil Penelitian! Jangan Pakai Sabun Sembarangan, Bisa Picu Resistensi Antibiotik

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 12 Juli 2017 17:51 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 12 481 1734760 hasil-penelitian-jangan-pakai-sabun-sembarangan-bisa-picu-resistensi-antibiotik-8dk0WugiFe.jpg

PENGGUNAAN sabun berbahan desinfektan triclosan dapat membuat tubuh mengalami resistensi antibiotik. Maka berhati-hatilah!

Para ilmuwan dari University of Birmingham di Inggris mengaitkan hubungan antara mekanisme resistensi antibiotik utama dan resistensi terhadap triclosan. Mereka menemukan, bakteri bisa bermutasi menjadi resisten terhadap antibiotik kuinolon, serta menjadi lebih tahan terhadap triclosan.

Para periset menunjukkan, seseorang bisa mengalami resisten antibiotik kuinolon. Karena mengubah DNA bakteri di dalam sel tubuh. Bakteri itu bisa melawan triclosan sebagai bentuk pertahanan diri.

"Kekhawatirannya adalah bahwa ini mungkin terjadi pada eksposur terbalik dan triclosan yang dapat mendorong pertumbuhan strain resisten antibiotik," kata Mark Webber, Dosen Senior di University of Birmingham, dilansir Zeenews, Rabu (12/7/2017).

Triclosan biasanya dikandung oleh beberapa produk sabun cuci tangan dan body wash. Bagaimanapun Anda harus mengurangi penggunaan sabun berbahan tersebut.

Ketika seseorang mengalami resistensi antibiotik khawatirnya bisa memicu gangguan kesehatan lainnya.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini