nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Sehat Makan Nasi yang Tak Sebabkan Tubuh Gemuk

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 12 Juli 2017 19:26 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 12 481 1734841 cara-sehat-makan-nasi-yang-tak-sebabkan-tubuh-gemuk-4HWGbSvcfv.jpg

MAKAN nasi sangat mengenyangkan perut. Agar lebih sehat, Anda harus pintar memilih jenis nasi dan tahu cara mengolahnya.

Dikutip Timesofindia, Rabu (12/7/2017), berikut adalah lima tips sehat makan nasi supaya berat badan Anda tidak naik. Simak ulasannya yuk!

Pilih beras berkualitas

Saat membeli beras perhatikan jenis dan kualitasnya. Beras yang mengandung rendah gula dan karbohidrat yakni beras merah dan hitam. Beli beras berlabel organik agar lebih sehat.

Memasaknya

Cara memasak nasi yang sehat yaitu sebaiknya tidak menggunakan elektronik penanak nasi. Benda tersebut bisa memicu penyakit karena berbahan logam. Untuk mencegah, Anda harusnya memasak nasi di atas kompor sampai matang.

Dibuat bubur

Kalau Anda ingin makan beras putih olah saja menjadi bubur. Kandungan gulanya sudah berkurang karena telah melewati proses masak yang tepat. Maka dari itu, sebagian orang merasa tidak kenyang saat makan bubur.

Waktu makan

Jika ingin makan nasi baiknya di siang atau sore hari. Jumlah porsinya pun harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh Anda. Jika tiba-tiba makan nasi malam hari, jadi lebih cepat gemuk.

Pembagian porsi

Biasanya porsi makan seseorang lebih banyak nasi dibandingkan sayuran dan lauk. Ini salah, komposisi yang benar yakni 25% nasi, 25% lauk dan 50% sayuran.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini