Baru Tahu!! Virus Flu Miliki Kekuatan untuk Hancurkan Tumor Pasien Kanker

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 13 Juli 2017 09:15 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 12 481 1734959 baru-tahu-virus-flu-miliki-kekuatan-untuk-hancurkan-tumor-pasien-kanker-pKGdlaLwKf.jpg Flu (Foto: Dailymail)

SETIAP orang tentu mengalami sakit, mau itu sakit ringan atau sakit berat. Salah satu penyakit ringan yang sering diderita orang adalah flu. Flu disebabkan oleh virus dan biasanya terjadi apabila daya tahan tubuh berkurang.

Baru-baru ini, para ilmuwan menduga bahwa virus yang menyebabkan flu memiliki kekuatan untuk menghancurkan tumor pada pasien kanker. Sebelumnya, sebuah tes sudah dilakukan pada tikus dan sekelompok kecil manusia yang memiliki tumor. Peneliti melakukan percobaan perlakuan revolusioner dengan menyuntikkan strain flu yang diciptakan di laboratorium.

Hasil dari tes itu adalah adanya perubahan pada tumor peserta penelitian. Suntikan itu menghancurkan tumor. Namun, untuk mendapatkan hasil yang pasti dan mencari pengobatan baru yang efektif, para peneliti akan menguji cara itu pada 500 pasien penderita kanker hati stadium lanjut. Para peneliti yakin bahwa mereka yang disuntikkan akan mengalami gejala flu seperti pilek, batuk, dan sakit tenggorokan.

Kanker adalah penyakit mematikan yang dengan cepat menyebar ke seluruh tubuh. Sampai dengan saat ini, obat yang ada hanya berfungsi untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker. Maka dari itu terus dilakukan penelitian untuk menemukan obat yang bisa menyembuhkan kanker.

Pemimpin penelitian, Dr Tony Dhillon mengatakan, “Percobaan klinis ini merupakan langkah maju yang mengasyikkan untuk menemukan cara baru mengobati kanker.” Pendekatan perlu dilakukan untuk memajukan pengobatan kanker, terutama kanker hati. Standar pengobatan kanker hati belum mengalami perubahan selama 11 tahun.

“Meskipun perawatan ini masih dalam uji coba tahap awal, tapi cara ini bisa berpotensi untuk membantu pasien kanker yang memiliki waktu kurang dari 12 bulan untuk hidup,” tutur Dr Dhillon seperti yang dikutip dari Daily Mail, Rabu (12/7/2017).

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini