Share

Jangan Asal Pakai, Bahaya Make-up Mata Bisa Bikin Iritasi hingga Kanker!

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Kamis 13 Juli 2017 16:35 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 13 194 1735576 jangan-asal-pakai-bahaya-make-up-mata-bisa-bikin-iritasi-hingga-kanker-e2VsfkPINa.jpg Menggunakan krim mata (Foto: Huffngtonpost)

MAKE-up memang memiliki peran sangat penting dalam mendukung penampilan seorang wanita setiap harinya. Make-up bisa menutupi kekurangan atau ketidaksempurnaan pada wajah sehingga membuat wanita menjadi lebih percaya diri.

Sayangnya, make-up tak selamanya memberikan manfaat. Bila tak berhati-hati menggunakannya, make-up justru dapat membahayakan kecantikan kulit Anda.

Ya, apalagi untuk riasan wajah di area mata. Seperti diketahui, mata merupakan area kulit yang paling sensitif.

Diungkapkan oleh ahli kulit, dr Idu Martins, ia memperingatkan bahwa sebaiknya wanita tidak menggunakan make-up secara berlebihan. Cukup aplikasikan secara sederhana, terutama pada area mata, bila tidak dapat membahayakan kulit.

Penggunaan make-up secara berlebihan setiap hari dapat menyebabkan kulit iritasi, alergi, hingga kanker kulit lantaran kandungan bahan kimia di dalamnya. Kuman dan racun yang berasal dari senyawa kimia inilah yang bisa menyerang mata.

"Bahan kimia yang terdapat pada pensil alis, eyeliner, maskara, dan lainnya karena menyebabkan masalah mata yang serius bila tidak dibersihkan dengan benar," ungkap dr Martins, seperti dikutip Glamour, Kamis (13/7/2017).

Karena itu, dr Martins menyarankan agar para wanita semakin cerdas memerhatikan produk kecantikan yang digunakan. Penggunaan make-up dan cara pembersihan secara tepat dapat meminimalisir risiko kerusakan pada kulit.

"Sangat penting untuk menggunakan sabun pembersih, toner, dan scrub untuk membersihkan make-up yang digunakan sehari-hari agar tidak menimbulkan iritasi," katanya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini