nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Bedanya Barbershop dan Tukang Cukur Tradisional

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Jum'at 14 Juli 2017 07:24 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 07 13 194 1735781 ini-bedanya-barbershop-dan-tukang-cukur-tradisional-yzCWsRXBoQ.jpg Barbershop (Foto: Mensworld)

MENATA rambut tak hanya dilakukan oleh para wanita, kaum Adam pun juga perlu menata rambutnya agar tampak lebih rapi dan tentunya lebih tampan. Itulah mengapa banyak bermunculan barbershop dan pangkas rambut tradisional.

Dituturkan Ade Farolan, Ketua Indonesia Barbershop Association, pada dasarnya pangkas rambut tradisional sama dengan barbershop. Hanya fasilitas pangkas rambut tradisional tergolong minim.

"Pangkas rambut tradisional itu juga barbershop sebenarnya, hanya fasilitasnya lebih minim. Semakin tinggi taraf hidup masyarakat, kenyamanan dan kebersihan menjadi poin penting yang dilihat oleh para pelaku bisnis. Akhirnya mereka bikin barbershop," tutur Ade Farolan, dalam jumpa pers sebuah acara di kawasan Setiabudi, Kuningan, Jakarta, kemarin.

Di barbershop sendiri, pelanggan akan merasakan tempat yang lebih nyaman dengan sejuknya udara AC. Apalagi saat ini sudah banyak barbershop yang menawarkan pengalaman tersendiri mulai dari pelanggannya tiba di barbershop.

"Di barbershop sekarang banyak yang mengusung konsep vintage, mereka menawarkan experience. Nyaman, wangi, lalu ada alinan musiknya," tambah pemilik Kings Cut Barbershop ini.

Meski dari segi potongan rambut sama, pelayanan yang diberikan tukang cukur biasa berbeda dengan seorang barber.

"Kalau dari segi potongan rambut mungkin sama, tapi pelayanan di tukang cukur biasa mungkin tidak ada. Misalnya, mencuci rambut sebelum dipangkas. Lalu, durasi potong rambutnya akan lebih singkat," kata Ade.

Ade menambahkan, tukang cukur tradisional lazimnya kurang mendapatkan referensi potongan rambut pria model terbaru. Tak ayal jika para tukang cukur tradisional kerap memangkas rambut pelanggan dengan model itu-itu saja. Berbeda dengan barbershop yang lebih terkini dan bisa memberikan referensi model rambut sesuai potongan model rambut masing-masing pelanggan.

Tak hanya menggunting rambut, barbershop juga melayani pencukuran kumis dan janggut. Di Indonesia sendiri, barbershop juga menawarkan pelayanan creambath dan sesi pijat setelah potong rambut.

Pria yang ingin mewarnai rambut di barbershop, kenapa tidak? Berbeda dengan pewarnaan rambut di salon yang menggunakan warna variatif, di barbershop lazimnya pewarnaan dilakukan untuk menutupi rambut beruban.

"Jadi ya warnanya tidak jauh dari hitam, paling terang warna coklat," tutupnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini