nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rahasia Kenikmatan Kopi Susu Kekinian, Ya Ada di Susunya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 14 Juli 2017 07:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 07 13 298 1735587 rahasia-kenikmatan-kopi-susu-kekinian-ya-ada-di-susunya-jv1LLOJBUS.jpg Kopi susu (Foto:Spoonunivercity)

POPULARITAS kopi susu tampaknya tengah menjadi perbincangan hangat di kalangan pencinta kopi nusantara. Buktinya, kini sudah banyak kedai-kedai kopi susu kekinian yang menjamur di sejumlah daerah di Indonesia.

Untuk membuat racikan kopi susu yang nikmat, ternyata ada beberapa cara praktis yang dapat dilakukan tanpa harus menggunakan mesin espresso. Dirangkum Okezone dari berbagai sumber, berikut beberapa tipsnya,Jumat (14/7/2017).

Air hangat

Gunakan air panas namun tidak mendidih untuk menyeduh bubuk kopi. Lalu diamkan selama 10 menit sebelum mengaduk kopi agar rasa aromanya lebih mantap. Sekali lagi, hindari penggunaan air mendidih karena akan merusak cita rasa kopi.

Takaran

Seduh setiap 2 sendok makan kopi bubuk dengan 180 ml air hangat untuk mendapatkan takaran kopi yang pas. Berhati-hatilah ketika menuangkan air, jika terlalu banyak, rasa kopi akan cenderung hambar.

Susu

Selain memilih bubuk kopi yang berkualitas, Anda juga harus pintar memilih susu yang hendak digunakan. Ada beberapa jenis susu yang dapat dikombinasikan dengan kopi, mulai dari susu kental manis, hingga susu krim. Jika tidak terlalu suka manis, Anda bisa menggunakan susu krim sesuai dengan selera. Namun, bila kopi ingin disajikan dalam kondisi dingin, penggunaan susu kental manis bisa menjadi pilihan terbaik.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini