Share

Food Story: Mengapa Telur Sering Dijadikan Menu Sarapan?

Pradita Ananda, Okezone · Jum'at 14 Juli 2017 04:33 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 13 298 1735714 food-story-mengapa-telur-sering-dijadikan-menu-sarapan-ICrxjKOHyh.jpg Omelet (Foto: Huffingtonpost)

TIDAK dapat dipungkiri, bahwa telur memang nyatanya menjadi salah satu menu sarapan favorit yang paling populer. Mulai dari telur goreng mata sapi, telur rebus, telur dadar, sampai diolah menjadi omelet dengan berbagai topping.

Mudah diolah, mengenyangkan, dan tidak memakan waktu yang lama dalam proses pengolahannya mungkin memang menjadi sekian dari sederet alasan mengapa telur populer dijadikan menu sarapan oleh banyak orang di berbagai lintas dunia dan lintas generasi.

Namun sebenarnya, soal telur dan ritual sarapan ini sendiri ternyata memiliki latar belakang sejarah. Seperti dikutip Huffingtonpost, Jumat (14/7/2017) disebutkan bahwa ritual untuk makan di pagi hari alias sarapan dimulai sejak zaman Romawi di mana para masyarakatnya menjalani ritual sarapan yang dinamakan ientaculum, dan salah satu menu makanan yang terdapat di dalamnya adalah telur.

Hingga akhirnya pada 1620 seorang penulis medis asal Inggris, Tobias Venner mulai menyarankan dan menyebarkan ritual untuk memakan telur untuk menu sarapan. Kala itu, menu telur yang dimakan sangat simpel yaitu telur mata sapi yang dibumbui dengan garam, lada, dan cuka. Lalu disajikan bersamaan dengan menu lainnya, seperti roti dan butter.

Sampai pada era 1800, kebiasaan sarapan dengan telur ini menjadi semakin berkembang luas. Di mana pada era Revolusi Industri yang terjadi, para masyarakat di Eropa khususnya kaum pekerja di Inggris membutuhkan asupan makanan sarapan yang cukup berat dan memberikan energi, protein, dan lemak namun berharga murah seperti kacang-kacangan, roti panggang, dan telur.

Inilah yang akhirnya menjadi cikal bakal yang menjadikan, mengapa telur kerap menjadi pilihan produk makanan untuk disantap saat sarapan sampai di zaman digital modern seperti sekarang.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini