nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Konsumsi Banyak Sayur Ampuh Redakan Kram Menstruasi

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 14 Juli 2017 05:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 13 481 1735241 konsumsi-banyak-sayur-ampuh-redakan-kram-menstruasi-XiWepWMwhc.jpg Ilustrasi (Foto: Besthealthmag)

PERIODE menstruasi pada perempuan tak jarang menyebabkan kram perut. Saat terjadi kram perut, tubuh perempuan terasa seperti ditusuk jarum dan sakit di seluruh tubuh.

Banyak yang memilih meminum obat pereda rasa sakit agar tidak perlu menahan sakit dalam waktu lama. Tapi, alangkah lebih baik untuk mengonsumsi bahan-bahan alami untuk meredakan rasa sakit karena lebih baik untuk tubuh.

Dilansir dari Fox News, Jumat (14/7/2017), inilah beberapa bahan dan cara alami untuk meringankan kram perut;

1. Minyak ikan dan vitamin B-12

Menurut sebuah penelitian di Denmark, asam omega-3 yang terkandung dalam minyak ikan dan vitamin B-12 bisa mengurangi rasa sakit, termasuk kram perut. Makan ikan bisa dijadikan pilihan untuk menambah asupan omega-3 dan vitamin B-12.

2. Makan sayur lebih banyak

Banyak orang lebih memilih makan olahan yang tinggi karbohidrat, lemak, dan garam dibanding makan sayur. Kebanyakan makan makanan yang mengandung garam dan kafein bisa membuat kram perut bertambah sakit. Kram terjadi karena kontraksi kecil di rahim yang membuat pembuluh darah di sekitar perut menyempit. Garam dan kafein bisa membatasi pembuluh darah untuk membesar kembali. Untuk mengatasi hal ini, lebih baik Anda mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran untuk mendukung keseimbangan hidrasi dan nutrisi pada tubuh. Air bisa mengurangi rasa sakit di perut.

3. Magnesium

Magnesium mengatur kinerja saraf dan otot, termasuk pada saat menstruasi. Mendapatkan cukup magnesium selama menstruasi bisa mencegah retensi air yang bisa mengurangi kram perut. Untuk memastikan tubuh mendapatkan magnesium yang cukup, Anda bisa memakan sayuran hijau, pisang, biji labu, alpukat, dan coklat hitam.

4. Terapi hangat

Agar nyeri karena kram perut berlangsung lebih cepat, Anda bisa menerapkan hangat ke perut dengan berendam di bak air panas atau menempelkan botol dengan suhu cukup tinggi ke perut. Metode ini bisa membantu meringankan kram perut dan membuat tubuh lebih rileks. Selain itu, Anda juga bisa meminum air hangat untuk meningkatkan aliran darah di tubuh Anda. Tapi hindarilah minuman panas seperti kopi dan teh.

5. Latihan fisik

Olahraga teratur memiliki banyak manfaat pada tubuh, termasuk menghilangkan rasa sakit. Latihan fisik yang dilakukan dengan baik akan memperbaiki aliran darah sambil menghilangkan stres dan melepaskan endorfin. Selama menstruasi, pilihlah latihan lembut seperti berjalan kaki atau yoga.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini