nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sia-Sia! Ternyata Minum Jus Buah Kemasan Tak Ada Manfaatnya

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 13 Juli 2017 16:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 13 481 1735540 sia-sia-ternyata-minum-jus-buah-kemasan-tak-ada-manfaatnya-Lmg3SinvAU.jpg Jus buah kemasan (Foto: Greatist)

SEMUA orang mengenal buah sangat sehat dimakan setiap hari. Ada banyak produk olahannya, termasuk jus buah kemasan. Sehatkah minuman itu?

Jangan lagi minum jus buah kemasan meski di labelnya tertera kandungan vitamin dan serat. Jelas-jelas minuman ini harus melewati proses untuk diawetkan.

"Jus kemasan bertahan lama, tapi butuh proses. Vitamin dan serat alami di dalamnya bisa rusak. Buah asli yang diproses, fitokemikalnya juga hilang," ujar Spesialis Gizi Klinis dr Fiastuti Witjaksono MSc Ms SpGK saat ditemui di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (13/7/2017).

Sementara itu, tambah dr Fiastuti, vitamin dan mineral yang ada di dalam jus kemasan, berupa tambahan atau tidak alami. Karena itu, sebaiknya Anda tidak membeli jus kemasan di toko.

Ketika ingin minum jus buah, dr Fiastuti menyarankan agar Anda minum jus buah segar yang diblender. Jangan buang ampasnya, karena itu merupakan kandungan serat yang bermanfaat bagi tubuh.

"Sekarang juga musimnya cold press juice, itu juga tidak dikatakan sehat. Yang benar adalah minum jus yang diblender dan langsung diminum saat baru diproses. Seratnya dapat, begitu juga dengan vitamin dan mineral," bebernya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini