nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

WASPADA! Muncul Virus Penyebab Diabetes Tipe 1 pada Anak

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 13 Juli 2017 19:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 07 13 481 1735728 waspada-muncul-virus-penyebab-diabetes-tipe-1-pada-anak-mFblewo66P.jpg Ilustrasi (Foto: Zeenews)

SAAT ini keberagaman virus yang hidup di sekitar kita dapat memicu beragam penyakit. Ada satu virus yang diklaim dapat memicu penyakit diabetes tipe 1 pada anak.

Diabetes tipe 1 adalah penyakit autoimun kronis yang mengganggu sistem kekebalan tubuh seseorang, serta menghancurkan sel yang dibutuhkan untuk mengendalikan kadar gula darah. Virus tersebut tumbuhnya di usus dan mengganggu kadar insulin dalam tubuh.

Jika sudah menderita, antibodi untuk melawan virus sudah resisten. Bakteri itu dikenal dengan bacteroides yang memicu diabetes tipe1.

"Kami mengidentifikasi satu virus yang dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes. Kelompok virus ini berkembang pada tubuh anak," kata Profesor Herbert dari Washington University in St Louis, dikutip Boldsky, Kamis (13/7/2017).

Untuk penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Prosiding National Academy of Sciences, tim menganalisis virus pada 22 anak-anak dengan gen pembawa virus ini. Hasilnya menunjukkan, anak-anak hampir mengalami diabetes ketika tidak ada pencegahan dini.

"Ada banyak penyakit autoimun yang jauh lebih umum akhir-akhir ini. Bisa jadi membuat seseorang sulit mencegah dan anak terlanjur terdiagnosa penyakit," tambahnya.

Jika anak tidak memiliki genetik diabetes, penyakit ini bisa dicegah sejak masa kehamilam. Orangtua harus memperhatikan dengan selalu rutin cek kesehatan ke dokter.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini